Definition List

header ads

Wahana Hayabusa Jepang 2 Ambil Citra Bumi Saat Melakukan Boster Kecepatan Di Dekatnya

Citra Bumi yang diambil wahana pengambil sampel asteroid milik JAXA, Hayabusa 2. Gambar ini diambil saat Hayabusa 2 melintas dekat Bumi untuk melakukan Boster kecepatan (ketapel gravitasi).


Wahana pengambil sampel asteroid milik Jepang merayakan satu tahunnya di ruang angkasa dengan mengambil beberapa foto planet Bumi.

Wahana antariksa Hayabusa 2 milik Japanese Aerospace Exploration Agency's (JAXA) menangkap serangkaian gambar Bumi selama terbang lintas dekat Bumi untuk melakukan Boster kecepatan (ketapel gravitasi) pada hari Kamis (3 Desember), tepat satu tahun setelah peluncurannya untuk melakukan misi mengambil dan mengirim sampel asteroid ke Bumi.

Hayabusa 2 membuat pendekatan terdekat dengan Bumi pada Kamis pukul 05:08 EST (10:08 GMT; 7:08 waktu standar Jepang), mendekat dalam 1.920 mil (3.090 kilometer) dari Samudera Pasifik di dekat Hawaii, kata para pejabat JAXA.

Hayabusa 2 mengambil citra Bulan dan Bumi 1,8 juta mil (3 juta kilometer) jauhnya selama terbang lintas Bumi pada 3 Desember 2015.


Hayabusa 2 sedang dalam perjalanan menuju asteroid 162173 Ryugu (sebelumnya dikenal sebagai 1999 JU3), sebuah asteroid yang memiliki lebar 0,6 mil (1 km). Wahana ini diperkirakan akan tiba di orbit asteroid itu pada bulan Juli 2018. Wahana ini akan menghabiskan waktu sekitar 18 bulan di asteroid, melakukan beberapa pendarat kecil dan mengumpulkan sampel yang dapat membantu para peneliti mempelajari lebih lanjut tentang komposisi asteroid dan hari-hari awal tata surya.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Hayabusa 2 akan meninggalkan 162173 Ryugu di bulan Desember 2019 dan kembali ke orbit bumi setahun kemudian. Pesawat ruang angkasa ini akan mengirimkan kapsul ke permukaan Bumi; itu harus mendarat di pedalaman Australia, kata pejabat JAXA.




Hayabusa 2 akan meneruskan misi Hayabusa pertama, yang berhasil kembali sampel kecil dari asteroid Itokawa kembali ke bumi pada tahun 2010.
Terbang lintas Kamis ini dirancang untuk membantu Hayabusa 2 mendapatkan kecepatan tambahan dalam perjalanan ke asteroid sasarannya.