Definition List

header ads

Titik Terang Misterius Di Planet Kerdil Ceres Mungkin Terbuat Dari Garam

Mosaik ini menampilkan 130 titik terang pada Ceres. Gambar atas kiri: Sebuah kabut muncul di atas kawah Occator ketika matahari mengenainya, menunjukkan kawah ini berisi es air di bawah permukaannya. Kanan atas: Semacam kabut juga muncul di atas kawah Oxo, struktur kedua paling terang di Ceres. Bawah: Sebuah kawah khas tanpa air.


Studi baru melaporkan bahwa titik terang misterius di planet kerdil Ceres mungkin terdiri dari hal-hal dasar.  

Pengamatan yang dilakukan oleh NASA Dawn, yang telah mengorbit Ceres sejak Maret, menunjukkan bahwa banyak titik terang ini bisa terbuat dari magnesium sulfat terhidrasi. Di Bumi, magnesium sulfat dijual sebagai garam Epsom, obat rumah populer untuk berbagai penyakit, termasuk sakit kaki dan peradangan sendi.  

Para peneliti mempelajari foto yang diambil oleh framing camera (FC) milik NASA Dawn, yang meliputi panjang gelombang mulai dari cahaya tampak sampai inframerah-dekat. Data instrumen ini dapat menjelaskan komposisi permukaan Ceres ', berdasarkan karakteristik pemantulan cahaya, kata pejabat NASA.

Tim peneliti, yang dipimpin oleh Andreas Nathues dari Max Planck Institute for Solar System Research di Jerman, menghitung ada 130 titik terang di permukaan Ceres, yang memiliki lebar 590 mil (950 kilometer). Ceres adalah objek terbesar di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Tim peneliti menemukan bahwa bercak terang ini sebagian besar berhubungan dengan kawah dan mereka jauh lebih terang dari permukaan Ceres 'secara keseluruhan.

Sifat dari titik terang ini telah mendorong banyak spekulasi selama setahun terakhir atau lebih, dengan sebagian besar ilmuwan menduga bahwa mereka terdiri dari es air atau beberapa jenis garam. Data kamera framing memperkuat hipotesis garam, Nathues dan rekan-rekannya melaporkan dalam studi baru, yang diterbitkan online hari ini (9 Desember) di jurnal Nature.

Misalnya, di tengah kawah Occator - rumah titik terang paling dramatis dan paling terkenal dari Ceres - adalah jenis magnesium sulfat terhidrasi yang dikenal sebagai hexahydrite . Komposisi tampaknya bergeser ke arah jenis lain yang kurang magnesium sulfat terhidrasi pada jarak yang lebih besar dari pusat kawah Occator. Namun, penafsiran ini bisa saja berubah, kata tim peneliti menekankan.

Sebuah Dunia Es

Kepadatan Ceres yang relatif rendah menunjukkan bahwa massa planet kerdil ini sekitar 25 persen air, yang sebagian besar mungkin terkunci dalam mantel dibawah permukaan es.

Walaupun titik terang Ceres kemungkinan endapan garam, air es tampaknya terlibat dalam pembentukannya. Misalnya ilmuwan Dawn mengumumkan awal tahun ini bahwa kawah Occator kadang mengandung lapisan kabut yang mungkin diciptakan oleh bahan yang mudah menguap yang menyublim ke ruang angkasa dari titik terang. Dan Teleskop luar angkasa Herschel melihat uap air yang berasal dari sekitar Occator, seperti yang diumumkan astronom pada Januari 2014.

"Mengingat hubungan geografis antara kawah Occator dan sumber uap air lokal yang terdeteksi oleh Herschel, kami menyarankan bahwa lapisan kabut ini terdiri dari partikel-partikel es air dan debu," seperti Nathues dan rekan-rekannya tulis dalam studi. "Demikian pula dengan aktivitas di permukaan komet, bentuk kabut di pagi hari setelah matahari terbit dengan sublimasi air. 

Setiap titik terang Ceres 'mungkin aktif seperti di kawah Occator beberapa titik di masa lalu, kata para peneliti.

"Skenario yang paling sederhana adalah proses sublimasi es air dimulai setelah campuran es dan garam mineral terkena oleh dampak, yang menembus insulasi kerak atas yang gelap," tulis mereka dalam penelitian.

Tapi ilmuwan menekankan bahwa skenario ini hanya dugaan, pemicu aktivitas tetap belum terpecahkan. Tapi gambar mungkin mulai jelas setelah Dawn mulai mengumpulkan data akhir bulan ini dari orbit, berjarak hanya 230 mil (375 km) dari permukaan planet kerdil itu.

"Pasti kita akan mendapatkan wawasan yang lebih baik ke dalam proses ini," kata Nathues.

Penularan secara global titik terang ini menunjukkan bahwa Ceres pernah memendam (dan mungkin masih memendam) air dalam jumlah besar dekat permukaannya, anggota tim studi tambahnya.

Hasil baru dari Dawn yang dikombinasikan dengan pendeteksian uap di kawah Occator oleh Herschel, "menunjukkan bahwa cagkang es atau air yang mengandung garam ada di Ceres," kata Nathues.

Di mana Ceres terbentuk?

Penelitian kedua dalam edisi yang sama yang diterbitkan dalam Jurnal Natire juga menyoroti hari-hari awal Ceres '. Sebuah tim peneliti yang terpisah, yang dipimpin oleh Maria Cristina De Sanctis dari Institut Astrofisika dan Antariksa Planetologi di Roma, mempelajari pengamatan yang dilakukan oleh instrumen Visible-Infrared Mapping Spectrometer (VIR) milik Dawn.

Data VIR menunjukkan bahwa lempung mengandung amonia yang luas di seluruh permukaan Ceres. Amonia ini mungkin berasal dari luar tata surya, karena es amonia tidak stabil pada suhu yang relatif hangat di sabuk asteroid, kata para peneliti menulis.

Jadi Ceres sendiri mungkin telah terbentuk jauh dari matahari - mungkin di luar orbit Neptunus - dan kemudian bermigrasi ke dalam di posisinya saat ini.

"Implantasi Ceres di sabuk utama bisa terjadi selama fase migrasi planet raksasa, baik selama pertumbuhan mereka di piringan protoplanet, atau di lain waktu sebagai akibat dari ketidakstabilan orbit," kata De Sanctis dan rekan-rekannya.

Tapi Ceres juga mungkin terbentuk di posisinya sekarang terletak, terbentuk dari objek seukuran kerikil yang kaya amonia, yang melayang dari tata surya luar.

Posting Komentar

0 Komentar