Definition List

header ads

Asteroid Ini Ucapakan Selamat Hari Natal Pada Penduduk Bumi

 Citra radar Asteroid 2003 SD220 yang diambil oleh antena Deep Space Network saat asteroid ini berjarak 12 juta km dari Bumi.


Ilmuwan NASA telah membuat gambar resolusi tertinggi sampai saat ini dari Asteroid yang akan melintas dengan aman dekat Bumi pada malam Natal. Asteroid ini akan melintas pada jarak 11 juta km dari Bumi.

Dengan menggunakan Deep Space Network di Goldstone, California, gambar radar dari Asteroid 2003 SD220 diperoleh ketika jarak ke objek dekat Bumi (NEO) ini telah menyempit sekitar 12 juta km.

"Data gambar radar menunjukkan bahwa asteroid 2003 SD220 sangat panjang, setidaknya 3.600 kaki panjangnya," kata Lance Benner yang memimpin program penelitian radar asteroid NASA.

"Data yang diperoleh selama lintas dekat dengan asteroid ini akan membantu kami untuk merencanakan pencitraan radar selama pendekatan yang lebih dekat mendatang di 2018," tambahnya.

Tiga tahun dari sekarang, asteroid ini kembali melintas dengan aman dekat Bumi lagi, tapi lebih dekat, pada jarak 2,8 juta km.

"Tidak ada alasan untuk khawatir dengan terbang lintas asteroid 2003 SD220 saat malam Natal ini," kata Paul Chodas, manajer Pusat NASA untuk Studi NEO di JPL. Sebab asteroid ini akan melintas sekitar 28 kali jarak antara Bumi dan bulan.