Definition List

header ads

Kapal Perang Death Star Muncul Di Orbit Planet Saturnus

Bulan Saturnus, Mimas yang mirip kapal perang Death Star

Objek diatas bukan terletak di galaksi jauh atau di sistim bintang lain, melainkan terletak di halaman belakang planet kita, hanya berjarak 900 juta mil jauhnya di orbit sekitar Saturnus. Objek tersebut adalah bulan Saturnus yang dikenal sebagai Mimas. Jika dilihat sekilas, bulan tersebut tampak seperti kapal perang induk penghancur planet di film Star Wars, Death Star.

Gambar di atas diambil oleh NASA Cassini pesawat ruang angkasa pada 13 Februari 2010, dan menunjukkan kawah besar di permukaan Mimas yang mirip senjata super laser Death Star. Kawah tersebut bernama kawah Herschel yang memiliki diameter sekitar 88 mil (140 km). Kawah ini memiliki lebar sepertiga dari diameter Mimas yang berdiameter 246 mil (396 km).

Mimas sebagian besar terdiri dari es air dan sedikit batuan. Dengan suhu permukaan -350 derajat Fahrenheit (-208 derajat Celsius), air disana menjadi sekeras batu . Seperti saudaranya yang lebih besar Rhea dan Dione, Mimas ditutupi dengan bekas luka dampak - secara harfiah ia menjadi salah satu dunia yang paling banyak kawahnya di tata surya.

Mimas dan Death Star

Tidak seperti Enceladus, Mimas tidak memiliki bukti memiliki laut bawah permukaan saat ini. Entah bagaimana airnya tetap solid dibekukan untuk waktu yang sangat lama meskipun lebih dekat ke Saturnus dan memiliki orbit yang lebih eksentrik dari Enceladus. Para ilmuwan masih mencoba untuk menentukan mengapa hal ini terjadi.

Mimas ditemukan pada tahun 1789 oleh astronom Jerman William Herschel. Mimas mengorbit Saturnus pada jarak rata-rata 115.277 mil (185.520 km) - sekitar setengah jarak bulan-bumi.


Posting Komentar

0 Komentar