Definition List

header ads

Selokan Di Planet Mars Tidak Di Ukir Oleh Air

Gambar ini diambil oleh NASA Mars Global Surveyor menunjukkan deposito selokan segar di dalam sebuah kawah yang tidak disebutkan namanya di wilayah Centauri Montes dari Planet Merah.


Lebih dari satu dekade yang lalu, NASA Mars Global Surveyor mengirim gambar yang menakjubkan dari fitur selokan yang tampak dibentuk oleh aliran air, seperti di Bumi, meningkatkan prospek bahwa Mars mungkin menjadi surga yang ramah bagi kehidupan.

Tapi penampilan bisa menipu.

Penelitian baru menunjukkan bahwa selokan Mars lebih mungkin diukir oleh es kering - karbon dioksida beku - daripada air.

"Ketika berhadapan dengan dunia lain, kita harus berhati-hati untuk mengingat bahwa proses alam tak biasa mungkin dan bahkan mungkin terjadi di lingkungan yang asing," kata ilmuwan planet Colin Dundas dari US Geological Survey di Flagstaff, Arizona., Menulis dalam sebuah komentar minggu ini Nature Geoscience .

Selokan yang muncul dalam lereng di sekitar garis lintang pertengahan di planet ini, telah menjadi teka-teki karena Mars saat ini terlalu dingin untuk mendukung air cair di permukaan yang dibutuhkan untuk mengukir fitur tersebut.

Selokan yang relatif muda disana, baru berusia beberapa juta tahun. Bahkan yang lebih menarik adalah citra yang diambil oleh serangkaian orbiters Mars menunjukkan beberapa selokan ini juga membentuk hari ini.

Dua peneliti Perancis percaya bahwa mereka memiliki jawabannya: perubahan tekanan musiman dalam kantong es kering yang terperangkap di bawah permukaan planet secara berkala meletus, yang mengganggu regolith dan memicu arus puing-puing.

Teori ini tidak benar-benar baru, tapi Cedric Pilorget dan François Forget menyempurnakan ide ini.

Model komputer baru mereka menghitung perubahan musiman dan dampak dari lapisan yang mendasari regolith, lapisan es karbon dioksida dan atmosfer yang didominasi gas karbon dioksida. Simulasi ini dapat memperhitungkan berbagai lintang, lereng dan parameter lainnya.

Para ilmuwan menemukan bahwa sebagian besar selokan dapat dibuat dalam suatu proses yang tidak memerlukan air cair.

"Proses es kering tampaknya telah memainkan peran yang lebih penting dalam evolusi bentang alam Mars daripada yang diperkirakan sebelumnya," kata para peneliti menyimpulkan dalam studi yang dipublikasikan dalam minggu ini Nature Geoscience.

Posting Komentar

0 Komentar