Definition List

header ads

Wahana NASA Dawn Ambil Gambar Rinci Permukaan Planet Kerdil Ceres

 Permukaan planet kerdil Ceres, diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA Dawn pada 10 Desember, menunjukkan daerah di pertengahan garis lintang selatan, disekitar serangkaian kawah yang disebut Gerber Catena


Wahana antariksa NASA Dawn kembali mengambil beberapa gambar menakjubkan dari serangkaian kawah Ceres yang dikenal sebagai Gerber Catana, dari ketinggian hanya 240 mil (385 kilometer) - ini adalah terbang paling dekat yang pernah di lakukan Dawn di Ceres.

Diantara temuan sains utama dari tampilan dekat Ceres adalah penemuan bahwa Ceres, meskipun ukuran mungil (memiliki lebar hanya sekitar 590 mil atau 950 km), menampilkan tekanan internal yang mirip dengan apa yang akan di temukan di objek yang lebih besar, seperti Mars . Alur dan palung di permukaan Ceres kebanyakan dibuat setelah dampak meteorit, namun ada juga yang terbentuk dengan cara kekuatan tektonik.

"Alur dan palung ini begitu menonjol tapi belum dipahami, tetapi mereka mungkin terkait dengan struktur kerak Ceres yang kompleks," kata Paul Schenk, anggota tim sains Dawn di Lunar and Planetary Institute di Houston.


 Permukaan planet kerdil Ceres, diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA Dawn pada 10 Desember, menunjukkan daerah di pertengahan garis lintang selatan, disekitar serangkaian kawah yang disebut Samhain Catena, dari perkiraan jarak 240 mil (385 kilometer) dari Ceres.


Permukaan planet kerdil Ceres, diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA Dawn pada 10 Desember, diambil dari jarak 240 mil (385 kilometer) dari Ceres.


NASA Dawn meninggalkan Bumi pada tahun 2007, lalu tiba di Vesta, kemudian tiba di Ceres Maret lalu.

Beberapa minggu yang lalu, NASA Dawn mungkin memecahkan misteri paling membingungkan Ceres: Pengamatan Dawn menunjukkan bahwa titik terang misterius di permukaan planet kerdil ini mungkin endapan garam.




Posting Komentar

0 Komentar