Definition List

header ads

Studi : Separuh Exoplanet Yang Ditemukan Kepler Ternyata Bukan Planet

Teleskop Kepler, Alat Canggih Pemburu Planet


Wahana antariksa NASA Kepler telah menemukan 8.826 'obyek yang menarik' sejak diluncurkan pada tahun 2009.

Hampir 4.700 objek ini bisa menjadi planet, dan sejauh ini, 1030 telah dikonfirmasi sebagai dunia asing.

Masalahnya adalah apakah planet ini nyata, atau tipuan cahaya.

Sekarang, sebuah studi baru data Kepler telah mengungkapkan bahwa lebih dari setengah 'planet potensial' yang ditemukan Kepler adalah palsu.

Sebuah studi baru dari Instituto de Astrofísica e Ciências do Espaço di Portugal menunjukkan bahwa kita mungkin menaksir terlalu tinggi efektivitas Kepler.

Peneliti menggunakan sampel 129 "kandidat exoplanet" yang ditemukan oleh Kepler selama periode lima tahun. Mereka memutuskan untuk menggunakan kandidat planet terbesar karena ini akan menjadi planet paling mudah diidentifikasi dan dikonfirmasi.

Mereka menemukan bahwa 52% adalah bintang gerhana biner, di mana salah satu bintang lewat di depan bintang lainnya - sementara dua persen lainnya adalah katai coklat. Ini berarti bahwa mayoritas apa yang ditemukan Kepler mungkin bukan planet.

"Dalam studi ini, kami menunjukkan bahkan planet besar, yang mudah dideteksi ternyata juga sulit ditangani," jelas anggota tim peneliti Vardan Adibekyan. "Secara khusus, itu menunjukkan bahwa kurang dari setengah dari transit kandidat planet besar yang terdeteksi benar-benar ada. Sisanya adalah positif palsu, karena berbagai jenis sumber astrofisika seperti cahaya atau gangguan. "

Kita harus hati-hati di sini bahwa temuan ini tidak selalu mengubah keyakinan di antara banyak astronom bahwa galaksi kita mungkin sarat dengan exoplanets, beberapa planet mirip dengan Bumi kita. Apa yang harus kita lakukan adalah mulai memperbaiki ide-ide kita tentang mana yang exoplanet dan mana yang bukan serta bagaimana cara lebih baik untuk menemukan mereka. 

Posting Komentar

0 Komentar