Definition List

header ads

Ilmuwan Temukan Planet "Super Bumi" Terdekat Yang Masuk Zona Layak Huni

Ilustrasi zona Goldilocks di sistim tata surya Wolf 1061. Planet Wolf 1061 terletak di zona layak huni.


Pencarian Bumi "kedua" masih terus dilakukan dan kini para astronom menemukan calon baru tersebut, sebuah exoplanet yang bernama Wolf 1061c.

Planet berbatu ini memiliki massa 4 kali lebih besar dari Bumi dan menjadi planet terdekat yang berpotensi layak huni yang ditemukan di luar tata surya kita sejauh ini, yang berjarak hanya 14 tahun cahaya.

Ini adalah salah satu dari tiga planet yang terdeteksi oleh astronom Australia yang mengorbit bintang katai merah yang disebut Wolf 1061.

"Ini adalah penemuan menarik karena ketiga planet ini memiliki massanya yang cukup rendah untuk menjadi planet yang berpotensi berbatu dan memiliki permukaan padat," kata penulis utama studi Dr Duncan Wright dari University of New South Wales (UNSW). 

Lokasi Bintang Wolf 1061 di langit


'Planet yang berada di tengah, Wolf 1061c, terletak dalam "zona Goldilocks", wilayah di mana air dalam bentuk cair dapat eksis di permukaannya - dan bahkan mungkin ada hidup.

Walaupun saat ini beberapa planet lain telah ditemukan mengorbit bintang yang lebih dekat dengan kita dibanding Wolf 1061, tetapi planet-planet mereka dianggap tidak layak huni.

Tiga planet yang baru terdeteksi ini mengorbit pada bintang induknya setiap 5, 18 dan 67 hari. Massa mereka setidaknya 1,4, 4,3 dan 5,2 kali Bumi

Planet terluar yang lebih besar terletak di batas luar zona layak huni, tetapi juga cenderung menjadi planet berbatu, sementara planet terdalam terlalu dekat dengan bintang induknya untuk menjadi layak huni.

Di masa depan, kita berpeluang untuk mempelajari atmosfer planet ini  untuk melihat apakah mereka akan kondusif bagi kehidupan. "

Tim yang membuat penemuan ini dilakukan dengan menggunakan pengamatan HARPS spektrograf di teleskop Eropa Southern Observatory di La Silla di Chile.

Planet berbatu kecil seperti Bumi kita sekarang dikenal melimpah di galaksi kita, dan sistem multi-planet juga tampak umum.

Namun sebagian besar exoplanet berbatu yang ditemukan berjarak ratusan atau ribuan tahun cahaya, berarti kita tidak memiliki cara mengunjungi mereka menggunakan teknologi saat ini.

Minggu lalu astronom dari Swedia dan Meksiko mengklaim telah menemukan dua objek paling jauh yang pernah ditemukan di tata surya kita. Mereka mengatakan bahwa salah satu objek bisa menjadi 'Super Bumi' yag terletak enam kali lebih jauh dari Pluto, tapi ada juga bahwa objek itu juga bisa menjadi katai coklat - juga dikenal sebagai bintang gagal.

Sulit untuk tahu persis seberapa jauh benda ini, namun kecepatan dan kecerahan mereka menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin menjadi sebuah bintang.



Posting Komentar

0 Komentar