Definition List

header ads

Kita Mungkin Secara Tak Sengaja Dapat Mengirim Virus Komputer Ke Alien



Para ilmuwan yang mencoba untuk membuat kontak pertama dengan alien khawatir bahwa mereka bisa saja secara tidak sengaja mengirim virus komputer ke ruang angkasa yang bisa menginfeksi teknologi peradaban lain.

Manusia mungkin saja secara tak sengaja mengirim spam atau virus komputer berbahaya kepada alien saat kita mencoba untuk menghubungi mereka, para ahli di Universitas Oxford telah memperingatkan hal ini.

Sebuah kelompok kerja dari akademisi, astronom dan filsuf saat ini sedang mencoba membuat pesan yang universal untuk dikirimkan ke luar angkasa dengan harapan pesan itu dapat ditemukan oleh peradaban lain yang mungkin ada di luar sana.

Pada bulan September ini, jaringan penelitian Inggris untuk SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) sedang membahas dan mencoba untuk menjangkau bentuk kehidupan alien yang ada diluar sana. Tapi mereka masih ragu-ragu cara apa yang tepat untuk mengirim dan khawatir bahwa mereka secara tidak sengaja bisa mengirim virus ke ruang angkasa yang bisa menginfeksi teknologi peradaban lain.

Berbicara di Festival Sains Inggris Dr Anders Sandberg, dari Future of Humanity Institute di Oxford University, mengatakan bahwa manusia harus sangat berhati-hati tentang apa pesan digital yang mereka kirimkan ke ruang angkasa.

"Contoh klasik dari pesan ini akan menjadi serangkaian denyut yang menunjukkan angka biner, DNA, sketsa tata surya atau jumlah manusia," katanya.

"Tapi ternyata ada beberapa masalah keamanan. Bahasa dapat menyembunyikan banyak informasi. Kami khawatir malware juga ikut terkirim ke alien.

"Saya masih ragu-ragu, apakah itu adalah ide yang baik. Saya melihat beberapa masalah. Saya mendukung hal ini. Tapi setidaknya dilakukan dengan cara yang benar da aman.

"Beberapa orang berpikir kita sudah melakukan spamming (mengotori) alam semesta dengan acara opera sabun."

Jaringan penelitian Inggris untuk SETI (UKSRN) telah bergabung dengan Breakthrough Message Initiative yang mengundang masyarakat untuk terlibat dalam mengirimkan pesan ke luar angkasa, dan menawarkan hadiah sebesar $ 1 juta untuk ide-ide terbaik.

Dr Jill Stuart, dari London School of Economics, dan juga merupakan bagian dari UKSRN mengatakan bahwa Initiative penting untuk mendorong umat manusia agar melihat ke dirinya sendiri dan memutuskan bagaimana kita ingin dilihat oleh kehidupan di luar bumi.

"Saya sangat secara tegas mendukung. Saya pikir kita terlalu sombong jika berpikir bahwa kita adalah satu-satunya di alam semesta ini.

Posting Komentar

0 Komentar