Definition List

header ads

Berapa Lamakah Waktu Yang Di Perlukan Untuk Mencapai Planet Paling Mirip Bumi?

Perbandingan Bumi dan kepler 452b


Katakanlah ada bencana global di planet kita atau planet Nibiru tiba-tiba muncul dan berada pada jalur tabrakan dengan Bumi sehingga kita harus meninggalkan planet ini. Berapa lama waktu untuk sampai ke planet paling mirip Bumi yang kita temukan saat ini?

Planet yang paling mirip Bumi yang kita temukan saat ini adalah Kepler 452b. Kita tahu keberadaan planet ini berkat teleskop luar angkasa Kepler yang diluncurkan pada bulan Maret 2009. Kepler 452 adalah bintang seperti matahari yang berjarak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Bumi. Khususnya, bintang ini memiliki suhu permukaan yang sama seperti matahari kita dan memiliki pancaran energi yang sama persis.

Matahari dan Kepler 452 adalah bintang kerdil kuning tipe G. Ini berarti bahwa zona kelayakhunian Kepler 452 ini (daerah disekitar bintang di mana air cair dapat eksis dipermukaannya) adalah hampir identik dengan matahari. Dan, ini sedikit menarik, di zona ini dalam sistim bintang Kepler 452, ada sebuah planet yang mengorbit di orbit yang hampir identik dengan Bumi, dinamakan Kepler 452 b, dan ia berada pada posisi yang hampir sama dengan lokasi Bumi di Tata Surya.

Sehingga panjang tahun di planet ini hampir identik dengan kita, dan jumlah energi diterima planet ini sangat mirip dengan yang diterima Bumi dari Matahari. Kepler 452b memiliki orbit 385 hari (1 tahun disana 385 hari), sementara di Bumi 365 hari , dan menerima energi hanya 10% lebih banyak dari energi yang diterima Bumi dari Matahari.

Para ilmuwan tidak dapat mengukur massa Kepler-452b secara tepat, tetapi kesimpulan berdasarkan pemodelan menunjukkan bahwa planet ini hanya lima kali lebih masif dari bumi (hampir 60% lebih besar). Yang mengindikasikan bahwa planet ini adalah dunia berbatu seperti planet kita, yang merupakan kabar sangat baik (karena kita tidak memiliki teknologi untuk hidup di planet gas raksasa).

Di planet ini, gravitasi menjadi dua kali lebih kuat dari Bumi. Ini mungkin membuat hal-hal menjadi agak rumit, tapi semua kondisi ini bisa kita jadikan tempat untuk hidup (kalau saja kita bisa sampai di sana).

Jadi Bisakah Kita Sampai Disana?

Jarak Yang Sangat Jauh

Sebagai permulaan, satu tahun cahaya didefinisikan sebagai jarak yang dapat ditempuh cahaya dalam satu tahun. Cahaya melaju dengan kecepatan 671.000.000 mil per jam (sekitar 1 miliar km / jam). Ini berarti bahwa cahaya melakukan perjalanan 5.880.000.000.000 mil dalam setahun (9,5 triliun km). Jadi 1.400 tahun cahaya sama dengan 8,2 kuadriliun mil. Jika kita mengambil salah satu wahana tercepat ke planet ini, New Horizons, yang saat ini bepergian dengan kecepatan sekitar 36.000 mil per jam (50.000 km / jam), ia akan membutuhkan lebih dari 26 juta tahun untuk mencapai planet ini.

Pada saat itu, semua orang yang hidup hari ini akan mati, bahkan sudah menjadi fosil.

Sebagai perbandingan, manusia modern berevolusi 200.000 tahun yang lalu. Dan kita meninggalkan Afrika, sekitar 130.000 tahun yang lalu. Angka-angka ini bahkan tidak mendekati saat kita membandingkan dengan 26 juta tahun yang akan diperlukan untuk mencapai Kepler 452b.

Tapi bagaimana kalau kita mengembangkan teknologi yang lebih baik? Bagaimana jika kita bisa pergi lebih cepat?

Hal ini juga tidak akan membantu. Bahkan jika kita dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya, pesawat itu masih membutuhkan waktu 1.400 tahun untuk sampai ke sana. Artinya, jika nenek moyang kita meninggalkan dunia ini, mereka akan berangkat sekitar tahun 615 Masehi agar sampai di sana hari ini (itu 100 tahun sebelum Viking menginvasi Eropa).

Tentu saja, dengan kecepatan ini berarti dilasi waktu akan ikut bermain. (Baca disini : Dilasi waktu). Jadi untuk orang-orang di pesawat, itu hanya akan terasa seperti satu abad telah berlalu; Namun, alam semesta (dan orang lain di alam semesta) akan melihat pesawat yang terbang selama 1.400 tahun. Jadi pada akhirnya, alam semesta yang mereka temukan pada saat mereka tiba akan sangat berbeda dari yang mereka lihat saat berangkat.

Ada planet lain yang bisa kita kunjungi dan jauh lebih dekat. Misalnya, ada Alpha Centauri Bb, yang diyakini sebagai planet terdekat dengan Bumi di luar tata surya kita. Planet ini dikatakan mengorbit Alpha Centauri B, tapi ada beberapa perdebatan tentang keberadaannya. Namun, dengan asumsi bahwa planet itu ada, ia terletak 4,37 tahun cahaya dari Bumi. Jadi pada kecepatan cahaya, kita akan tiba disana dalam 4 tahun lebih.

Tapi jujur, bahkan jika itu ada dan kita bisa kesana, kita pasti tidak akan ingin mengunjungi planet ini, karena Alpha Centauri Bb sangat dekat dengan bintang induknya. Ia mengorbit sekali setiap 3 hari, 5 jam (setahun disana). Ini berarti bahwa planet ini sagat panas dan tidak dapat mendukung jenis kehidupan yang seperti kita tahu (bahkan di situasi yang terbaik).

Jadi, mari kita berharap agar tidak ada bencana global yang menimpa planet Bumi kita yang indah ini.

Posting Komentar

0 Komentar