Definition List

header ads

Wahana Antariksa NASA New Horizons Kirim Gambar Terbaru Pluto

Ini adalah gambar terbaru Pluto yang dikirim New Horizons. Daerah yang memperlihatkan banyak kawah yang lebih gelap, secara informal bernama Cthulhu Regio. Sementara hamparan dataran es terang disebut Sputnik Planum. Seluruh permukaan yang terlihat dalam gambar ini memiliki luas 1.100 mil (1.800 kilometer). Gambar diambil saat New Horizons terbang melewati Pluto pada 14 Juli 2015 dari jarak 50.000 mil (80.000 kilometer).


Wahana New Horizons kembali mengirim foto baru ke Bumi. Foto baru ini menunjukkan keragaman permukaan Pluto yang terdiri dari kawah, bentangan es, pegunungan, lembah dan bukit.

"Pluto menunjukkan kita keragaman bentang alam dan proses kompleksitas yang menyaingi apa pun yang kita lihat dalam tata surya," kata Alan Stern peneliti utama NH, dari Southwest Research Institute di Colorado, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Gambar diambil saat New Horizons terbang melewati Pluto pada 14 Juli 2015 dari jarak 50.000 mil (80.000 kilometer).


Setelah istirahat untuk mengirim data kembali ke Bumi karena adanya gangguan angin Matahari, pesawat ruang angkasa New Horizons kembali mengirimkan gambar yang diambil saat terbang lintasnya pada 14 Juli-nya dekat Pluto. Gambar yang baru dirilis ini memiliki resolusi hingga 440 yard (400 meter) per pixel, dan menunjukkan fitur yang campur aduk hingga menawarkan banyak teka-teki ilmiah.

"Permukaan Pluto adalah setiap bit serumit yang dari Mars," kata Jeff Moore, pemimpin tim New Horizons Geology, Geophysics and Imaging (GGI) di Ames Research Center NASA di California, mengatakan dalam pernyataan itu. "Gunung-gunung acak bercampur aduk dengan blok air es besar dan keras, dalam endapan halus nitrogen beku yang luas dan lebih padat dalam wilayah bernama Sputnik Planum."


Ini adalah daerah pegunungan yang terlihat di tepi kiri dataran es Sputnik Planum. Gunung-gunung ini mungkin blok es air yang mengambang di wilayah nitrogen beku Sputnik Planum. Gambar ini meliputi area 300 mil (470 km).


Dataran rata Sputnik Planum terletak dalam sisi kiri Tombaugh Regio, wilayah berbentuk hati yang pertama kali terlihat pada bulan Juli saat New Horizons mendekati Pluto dari jauh. Itu salah satu fitur yang paling awal terlihat di Pluto, dan baru sekarang terungkap secara detail dari jarak 50.000 mil (80.000 kilometer) jauhnya.

Di sepanjang perbatasan Sputnik Planum, terlihat seperti bukit gelap yang tersapu angin,  kejutan yang tak terduga di dunia yang memiliki atmosfer yang terlalu tipis untuk angin, kata para pejabat.


Pegunungan gelap yang terlihat di tengah gambar ini, di dekat bagian bawah Sputnik Planum, mungkin bukit berangin. Juga terlihat medan kawah tua yang disandingkan dengan kawah baru, tanah halus, serta pegunungan.


"Melihat bukit di Pluto, akan benar-benar liar, karena atmosfer Pluto hari ini sangat tipis," kata William B. McKinnon, seorang wakil pemimpin GGI dari Washington University, St Louis, mengatakan dalam pernyataan itu. "Entah Pluto memiliki atmosfer yang lebih tebal di masa lalu, atau beberapa proses yang kita belum tahu sedang terjadi disini. Ini membuat bingung."

Para peneliti juga menerima lebih banyak data tentang kabut atmosfer Pluto. Dicitrakan saat Pluto menutupi matahari, kabut ini membentuk halo bercahaya dari pandangan New Horizons. Ada lebih banyak lapisan kabut dari yang ditunjukkan data awal, dan cahaya atmosfer lembut menerangi sisi malam planet sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam.


Sebuah gambar yang memperlihatkan matahari bersinar melalui atmosfer Pluto (kanan) dan versi yang sudah di proses (kiri) mengungkapkan beberapa lapisan kabut.


"Melihat senja di Pluto adalah hadiah indah yang diberikan Pluto kepada kita," kata John Spencer, wakil pemimpin GGI juga dari Southwest Research Institute di Colorado, mengatakan dalam pernyataan itu. "Sekarang kita bisa mempelajari geologi permukaan yang kita tidak pernah menyangka untuk melihatnya."

New Horizons terus mengirim kembali gambar dan data baru dari terbang lintas sambil terus melaju, sekarang ia berjarak lebih dari 43 juta mil (63 juta km) dari Pluto dan 3 miliar mil (5 miliar km) dari Bumi.

Hari Jumat ini (11 September), NASA akan merilis gambar detil dari bulan Pluto, diambil saat terbang lintas tersebut, yang mengisyaratkan adanya "siksaan" geologi masa lalu Charon, kata para pejabat. Charon, sama seperti Pluto, jauh lebih rumit dari dugaan sebelumnya.






Posting Komentar

0 Komentar