Definition List

header ads

NASA Ingin Bangun Kawasan Robot di Bulan



Badan antariksa Amerika Serikat, NASA akan mempelajari proyek riset antariksa yang cukup ambisius, yakni langkah-langkah yang bisa mentransformasi kawah Bulan menjadi habitat robot.

Kawah yang dimaksud bernama Shackleton dan terletak di kutub selatan Bulan. Kawah Shackleton tak hanya sebagai kawasan utama untuk eksperimen transformasi, NASA ingin mengubahnya menjadi kawasan layaknya Optimus Prime di Film Transformers. Untuk jangka panjang, tentu Shackleton akan diproyeksikan sebagai habitat robot penjelajah.

Mengutip situs Popular Science, NASA berencana mengisi kawah dengan trafo tenaga surya dan menggunakan 'armada' robot untuk mengubah kawah menjadi lingkungan kecil yang ramah.

Kawah Shackleton melapisi Bulan seluas 209 kilometer persegi, atau dua kali ukuran Washington DC. Kawah ini dikelilingi oleh gundukan yang tingginya bisa mencapai 4.267 meter di atas permukaan kawah. 

Kabarnya, para peneliti telah menemukan air di dalamnya, ini yang membuat pihak badan antariksa optimis untuk menjadikannya habitat manusia di masa depan.

Untuk habitat robot sendiri, perangkat cerdas ini membutuhkan tenaga listrik dan kehangatan. Dengan perlengkapan yang sesuai, NASA meyakini bahwa Matahari juga bisa menyumbang energi yang cukup.

Diketahui suhu Shakleton pada malam hari bisa mencapai minus 173 Celsius, namun rangkaian pemantul Matahari bisa menangkap cahaya dari puncak lereng kawah dan memantulkannya ke bawah kawah untuk menghantarkan panas serta mengisi daya ulang perangkat robot dalam waktu yang bersamaan.

Pemantul tersebut ukuran diameternya diperkirakan sekitar 39 meter dan mampu mengirim cahaya berjasak lebih dari 9,6 meter ke dalam kawah. Energi yang dihantarkan pun berkisar satu megawatt untuk mencegah pembekuan.

Proyek ini didanai oleh Phase II NASA sebesar US$ 500 ribu atau sekitar Rp 6,6 miliar untuk studi dua tahun.

Apabila berhasil, maka kaum 'Optimus Prime' bakal mewarisi Bulan.


Posting Komentar

0 Komentar