Definition List

header ads

NASA Akan Mengirim Wahana Ke Bulan Jupiter, Europa Untuk Mencari Kehidupan Alien

Europa, Bulan Jupiter


NASA berencana untuk mengirim wahana pendarat di bulan es Jupiter, Europa - kandidat yang paling mungkin memiliki kehidupan di tata surya kita selain Bumi - untuk menemukan tanda-tanda kehidupan alien.

Fokus utama dari misi, yang mungkin terjadi paling lambat tahun 2022, yakni untuk mempelajari Europa dari orbit tapi NASA juga menjajaki ide untuk melakukan penyelidikan di permukaan.

"Kami secara aktif mengejar kemungkinan pendaratan," kata Robert Pappalardo, ilmuwan proyek Europa di NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California.

"NASA telah meminta kami untuk menyelidiki: Apa yang harus dilakukan? Berapa banyak biayanya? Bisakah kita menaruh paket kecil di permukaan Europa dengan misi ini? "Kata Pappalardo.

Keputusan akhir diharapkan akan keluar pada akhir tahun ini, kata Pappalardo menambahkan.

Kondisi di Europa telah membuat bulan es ini berada pada daftar teratas untuk menemukan kehidupan alien di tata surya kita.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa dunia es ini memiliki laut besar di bawah permukaannya yang memiliki kedalaman dua kali lebih dalam dari lautan bumi.

Ini telah ada selama miliaran tahun dan hampir setua tata surya itu sendiri.

Menurut sebuah laporan, wahana yang akan dikirim kesana akan menggunakan sembilan cara yang berbeda untuk mempelajari dunia es ini, termasuk kamera resolusi tinggi, detektor panas dan radar penembus es.

Para ilmuwan percaya, misi ini akan memberi mereka banyak data baru tentang komposisi Europa, sifat yang laut sub-permukaannya, serta kemampuannya untuk menjadi tuan rumah kehidupan yang sama seperti yang kita kenal di Bumi.

Posting Komentar

0 Komentar