Definition List

header ads

Astronom Temukan Bukti Fisik Keberadaan Alam Semesta Lain

Ilustrasi multi semesta


Untuk pertama kalinya kita mungkin melihat alam semesta lain. Sebuah analisis data baru yang berasal dari teleskop ESA Planck melihat cahaya aneh yang mungkin berasal dari alam semesta lain yang persis berada di samping kita.

Keberadaan beberapa alam semesta - multiverse - secara ilmiah masuk akal. Jika semua alam semesta ini muncul dari Big Bang yang sama, maka mereka mungkin terletak bersama-sama seperti itik berturut-turut. Jika alam semesta ini menyentuh satu sama lain, anggap mereka bergerak, tabrakan yang dihasilkanyan akan meninggalkan semacam jejak bukti. 

Hal ini membawa kita pada peta cosmic microwave background (CMB) - sisa cahaya dari ledakan Big-Bang yang diambil teleskop Planck.  

Dalam sebuah makalah baru, kosmolog Caltech Ranga-Ram Chary membandingkan CMB ini dengan gambar seluruh langit malam yang juga diambil oleh teleskop Planck, dan menemukan sebuah patch/sebidang cahaya aneh terang yang bisa menjadi hasil dari alam semesta yang bertabrakan.

Ia mengklaim, mungkin sinyal ini disebabkan oleh interaksi antara alam semesta kita dan alam semesta lain yang terjadi beberapa ratus ribu tahun setelah Big Bang sekitar 13,8 miliar tahun yang lalu.

Ini mirip dengan dua gelembung menabrak satu sama lain.

Mereka menyebut 'gelembung alam semesta', yang memperluas dalam multiverse, bertemu satu sama lain karena mereka meluas setelah Big Bang, meninggalkan jejak pada permukaan luar masing-masing.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di situs arxiv.org dan ia telah menyampaikan kepada Astrophysical Journal, Dr Chary mengatakan sinyal yang ia lihat menyarankan alam semesta alternatif mungkin sangat berbeda dari punya kita.

Dia mengatakan alam semesta lain ini memiliki rasio partikel subatomik yang disebut baryon dan foton sekitar sepuluh kali lebih besar dari apa yang kita lihat di alam semesta kita.

Ini berarti fisika di alam semesta alternatif ini bisa sangat berbeda dengan alam semesta kita.

Dr Chary mengatakan: 'parameter di alam semesta awal yang diperlukan untuk mereproduksi alam semesta kita sekarang menunjukkan bahwa alam semesta kita mungkin hanya suatu wilayah dalam suatu gelembung super-wilayah abadi. 

Untuk membuat kesimpulan ini, Dr Chary menggunakan model CMB dan gambar seluruh langit yang diamil oleh teleskop Planck.

Dia kemudian menghapus sinyal dari bintang-bintang, gas dan debu. Dengan menghapus semua ini, semua yang terlihat dalam gambar hanya gangguan (noise).

Dr Chary melaporkan bahwa ia menemukan bidang yang tersebar, yang terlihat 4.500 kali lebih terang dari yang seharusnya.

Mereka diduga berasal dari era dalam evolusi alam semesta yang dikenal sebagai rekombinasi, ketika elektron dan proton pertama dikombinasikan untuk menciptakan hidrogen. Era ini memiliki spektrum warna khas karena terbatasnya jumlah atom di sekitar, yang berarti ia memiliki penampilan yang unik dan anomalinya dapat dengan mudah terlihat.

'Implikasinya adalah tabrakan alam semesta kita dengan alam semesta alternatif yang memiliki kepadatan baryon tinggi bertanggung jawab untuk membuat jejak garis rekombinasi terang ini.'

Temuan ini membuat gembira astronom lain yang percaya akan hal ini, meskipun pekerjaan lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan sinyal yang mereka lihat.

Posting Komentar

0 Komentar