Definition List

header ads

Cassini Akan Ambil Sampel Semburan Geyser Yang Berasal Dari Laut Di Bawah Permukaan Bulan Saturnus Enceladus

Ilustrasi Cassini dan Enceladus



 Para ilmuwan akan mendapat tampilan terbaik dari lautan yang di bawah permukaan es bulan Saturnus Enceladus.

Pada hari Rabu (28 Oktober), wahana antariksa NASA Cassini akan melintas hanya 30 mil (50 kilometer) di atas Enceladus, terbang melalui letusan geyser dan mengambil contoh segumpal materi yang meletus dari daerah kutub selatan satelit Saturnus ini.

Letusan geyser ini diperkirakan berasal dari laut cair di bawah permukaan Enceladus, sehingga dengan menganalisis sampel tersebut, Cassini harus menjelaskan potensi Enceladus untuk menjadi tuan rumah kehidupan, kata anggota tim misi.

"Pada hari Rabu, kami akan terjun lebih jauh ke dalam letusan geyser yang berasal dari kutub selatan yang belum kita lakukan sebelumnya, dan kami akan mengumpulkan sampel terbaik yang pernah diambil dari lautan di luar Bumi," Curt Niebur, ilmuwan Program Cassini di Markas NASA di Washington, DC, mengatakan dalam konferensi pers hari ini (26 Oktober).

Cassini tidak dilengkapi untuk mencari tanda-tanda kehidupan, tetapi pengukuran wahana ini harus membantu para peneliti menilai kelayakhunian dari lautan global Enceladus, tambah Niebur.

Ada tiga tujuan ilmu utama untuk terbang lintas ini, kata ilmuwan proyek Cassii Linda Spilker, yang berbasis di NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California: Tim misi bertujuan untuk mengkonfirmasi kehadiran molekul hidrogen di semburan ini, yang akan memberikan bukti untuk kegiatan hidrotermal (sumber energi potensial untuk kehidupan) di laut. Tim juga berharap untuk mengkarakterisasi zat kimia semburan ini (mungkin untuk mencari senyawa organik yang sebelumnya tidak terdeteksi) dan menentukan sifat sumber semburan ini.

Terbang lintas akan terjadi pada hari Rabu, sekitar pukul 01:00 EDT (17:00 GMT) atau haeri Kamis jam 00:00 WIB. Cassini akan berkomunikasi dengan kontrol misi sekitar 3 jam kemudian, tapi gambar pertemuan pertama kemungkinan besar tidak akan dirilis sampai Kamis malam atau Jumat pagi, kata Spilker.

Para ilmuwan mungkin akan mendapatkan sekilas data pertama dari spektrometer Cassini yang memeriksa partikel sampel semburan ini dalam waktu seminggu setelah terbang lintas, tetapi analisis yang lebih mendalam mungkin memakan waktu beberapa minggu, kata ia menambahkan.

Pertemuan dekat pada hari Rabu akan menandai terbang lintas Cassini ke 21 dekat Enceladus yang telah mengorbit Saturnus sejak tahun 2004 dan menemukan geyser es ini di tahun 2005. Cassini telah terbang melalui semburan ini sebelumnya, tapi pendekatan terdekat sebelumnya ke wilayah kutub selatan Enceladus berjarak 50 mil (80 km).

Jadi acara pada Rabu ini cukup khusus, kata Spilker.

"Ada banyak kegembiraan tentang terbang lintas khusus ini," katanya. "Kami semua tentu bersemangat menunggu hasil ilmiah dari hal ini."

Posting Komentar

0 Komentar