Definition List

header ads

Wahana ESA Potret Tudung Es Di Kutub Selatan Mars

Citra es di kutub selatan Mars


Sebuah foto yang baru dirilis memberikan tampilan yang jarang dilihat di Kutub Selatan Mars.

Pusaran titik putih di arah bawah foto, yang diambil oleh wahana milik Badan Antariksa Eropa Mars Express, adalah tudung es kutub selatan Mars. Tudung ini terdiri dari air beku dan karbon dioksida beku, dan berubah bentuk mengikuti musim Mars '.

Pada tahun 2004, Mars Express menegaskan bahwa tudung kutub selatan mengandung air es, menurut Badan Antariksa Eropa (ESA).

Saat gambar dirilis bulan lalu, Mars Express mengambil gambar ini pada 25 Februari, saat musim panas terjadi di belahan bumi selatan Mars '. Tudung es ini relatif kecil pada saat itu; selama musim dingin, tudung tumbuh untuk mengisi wilayah yang halus disekitarnya yang dapat dilihat dalam foto, kata para pejabat ESA.

Area kawah terlihat di atas tudung es dan bagian dari cekungan raksasa Hellas (Hellas Basin) dapat dilihat pada bagian kiri atas gambar.


Citra es dikutub selatan mars


Hellas basin membentang lebih dari 1.367 mil (2.200 kilometer) dan memiliki kedalaman sekitar 5 mil (8 km). Para ilmuwan berpikir dampak asteroid yang kuat mencungkil cekungan ini tak lama setelah Mars terbentuk. Dua garis tipis berkelok di tepi luar cekungan berhubungan dengan dua lembah - Dao Vallis dan Niger Vallis - yang mungkin telah diukir oleh air di masa lalu Mars.





Posting Komentar

0 Komentar