Definition List

header ads

New Horizons Ambil Gambar Bulan Pluto, Kerberos

Citra bulan Pluto, Kerberos


Wahana antariksa NASA New Horizons baru-baru ini mengirim gambar menakjubkan dari bulan kecil Pluto, Kerberos ke Bumi. Hal ini membuat potret keluarga Pluto menjadi lengkap.

Menurut NASA, Kerberos tampaknya lebih kecil dari ilmuwan duga dan memiliki permukaan yang sangat-reflektif, bertentangan dengan prediksi sebelum terbang lintas Pluto pada bulan Juli.

"Sekali lagi, sistem Pluto telah mengejutkan kami," kata Hal Weaver.

Gambar Kerberos diciptakan dengan menggabungkan empat gambar individu dari Long Range Reconnaissance Imager (Lorri) yang diambil pada tanggal 14 Juli, sekitar tujuh jam sebelum pendekatan terdekat New Horizons 'ke Pluto.

Data yang dikirim pada 20 Oktober itu menunjukkan bahwa Kerberos tampaknya memiliki bentuk lobus ganda, dengan lobus yang besar sekitar 5 mil (8 kilometer) dan lobus kecil sekitar 3 mil (5 kilometer).

Anggota tim sains berspekulasi bahwa bentuknya yang tidak biasa dari Kerberos dibentuk oleh penggabungan dua objek yang lebih kecil.

Reflektifitas permukaan Kerberos mirip dengan bulan kecil Pluto lainnya (sekitar 50 persen) dan sangat menyarankan Kerberos, seperti yang lain, dilapisi dengan air es yang relatif bersih.

Sebelumnya, para ilmuwan berteori bahwa Kerberos relatif besar dan masif, muncul redup karena permukaannya ditutupi oleh material gelap.



Foto keluarga bulan Pluto



Tapi sekarang gambar baru mengungkapkan bahwa Kerberos muncul kecil dan terang, menunjukkan bahwa ide itu tidak benar, karena alasan yang belum dipahami.

"Prediksi kami hampir benar pada bulan pluto lainnya, tapi tidak bagi Kerberos", tambah rekan investigasi New Horizons Mark Showalter.

Posting Komentar

0 Komentar