Definition List

header ads

Berapa Lama Waktu Yang Dibutuhkan Untuk Mencapai Bintang Yang Diduga Memiliki "Struktur Raksasa Buatan Alien"

Ilustrasi bintang KIC 8462852 dengan Dyson Sphere (panel surya milik alien)


Awal pekan ini, sebuah studi bercerita tentang bintang yang agak aneh, KIC 8462852. Beberapa tahun yang lalu, teleskop luar angkasa NASA Kepler menunjukkan kepada kita bahwa bintang ini memiliki pola cahaya yang agak aneh. Baca disini : Astronom Temukan Bintang Aneh Yang Mungkin Tertutup Struktur Raksasa Buatan Alien

Berdasarkan pengamatan dari peredupan cahaya berulang KIC 8462852, bintang ini seperti dikelilingi oleh banyak material. Masalah adalah bintang yang biasanya dikelilingi oleh banyak materi adalah bintang muda, sementara KIC 8462852 adalah bintang yang sudah dewasa.

Apa yang menyebabkan cahaya aneh ini?

Tabetha Boyajian, Postdoc di Yale, baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah yang menyatakan bahwa mungkin hal ini disebabkan oleh bintang lain. Boyajian mengatakan bahwa bintang lain mungkin melewati sistim KIC 8462852 dan ia mungkin telah menyeret segerombolan komet ke tata surya bagian dalam sistim KIC 8462852. Asalkan ada cukup komet dan puing-puing sisa lain di sekitarnya, hal ini bisa bertanggung jawab untuk pola peredupan.

Namun, ada hipotesis alternatif.

Jason Wright, seorang astronom dari Penn State University, berencana menerbitkan kertas yang menyatakan bahwa pola cahaya yang tidak biasa pada bintang ini konsisten dengan "sekawanan struktur besar." Dengan kata lain, mungkin itu buatan alien. Ia mengatakan bahwa puing-puing tersebut mungkin dari jenis "panel surya" yang dirancang oleh peradaban alien untuk menangkap energi dari bintang.

Mungkin alien akan memposisikan kolektor surya langsung mengelilingi sebuah bintang, mengisi orbit bintang itu sampai beberapa atau semua cahayanya diblokir. Hipotesis struktur besar ini disebut Dyson Sphere.

Tapi hal ini belum pasti. Untuk mengetahui apa di balik perilaku peredupan misterius bintang ini, Wright dan rekan-rekannya ingin mendengarkannya menggunakan radio teleskop besar, untuk melihat apakah itu menghasilkan jenis gelombang radio yang sama seperti teknologi di Bumi.

Tapi Bagaimana Jika Itu Alien? Bisakah Kita Menghubungi Mereka?

Nah, untuk pemula, jika Anda tidak mengetahuinya, tahun cahaya didefinisikan sebagai jarak yang cahaya dapat tempuh dalam satu tahun dan bintang ini berjarak 1.480 tahun cahaya.

Cahaya melaju dengan kecepatan 671 juta mil per jam (sekitar 1 miliar km / jam). Ini berarti bahwa cahaya melakukan perjalanan 5,88 trilyun mil setahun (9,5 triliun km). Itu berarti jarak KIC 8462852 dari Bumi sekitar 8.702.400.000.000.000 mil jauhnya (8,7 kuadriliun mil).

Butuh berapa lama untuk membawa kita pada tujuan yag berjarak 8,7 kuadriliun mil jauhnya? 

Jika kita menumpang salah satu wahana tercepat menuju sistem bintang ini, New Horizons (yang bepergian sekitar 36.000 mil per jam [50.000 km / h] ketika menuju Pluto), pesawat itu membutuhkan waktu lebih dari 27,5 juta tahun untuk mencapai bintang ini.

Apakah Anda bisa hidup sampai usia 27,5 juta tahun? Sama sekali tidak ada kemungkinan bahwa Anda bisa menjangkau peradaban alien ini. Bahkan jika Anda bisa hidup sampai 200 tahun (walaupun itu juga sangat tidak mungkin), Anda masih butuh 27.499.800 tahun untuk mencapai sistim ini.

Tapi bagaimana kalau kita berharap untuk hanya berkomunikasi dengan peradaban ini? Sayangnya, jika kita ingin pesan ini diterima mereka di tahun depan, kita harus mengirim pesan itu pada tahun 535 masehi.

Jika kita mengirimkan pesan itu hari ini, pesan kita baru tiba di sana pada tahun 3495. Dan jika peradaban alien di sistim itu langsung meresponnya (walaupun sangat tidak mungkin, karena mereka akan perlu untuk menerjemahkan pesan kita) kita baru dapat balasannya pada tahun 4975. Pada saat itu, manusia mungkin tidak ada lagi di Bumi - mungkin kita akan hidup di Mars atau mungkin kita kita kembali ke zaman batu akibat perang nuklir.

Saat kita memandang bintang ini dari Bumi, kita akan melihat apa ini tampak seperti 1480 tahun yang lalu. Jadi, bahkan jika itu adalah megastructure alien yang kita lihat y angmungkin telah hancur 10 abad yang lalu, kami masih tidak tahu tentang hal itu sampai 480 tahun kemudian.

Walaupun anda mempunyai pesawat melaju dengan kecepatan cahaya, itu membutuhkan waktu 1480 tahun untuk sampai disana.

Jadi walaupun disana ada peradaban alien (tapi ini belum pasti) sangat sulit untuk menjangkau mereka.

Posting Komentar

0 Komentar