Definition List

header ads

Astronom Mulai Mencari Tanda-Tanda Alien Cerdas Disekitar Bintang KIC 8462852

SETI Institute's Allen Telescope Array (ATA) di California Utara yang digunakan untuk mencari sinyal radio yang bisa dihasilkan oleh kehidupan alien cerdas.


Pencarian tanda-tanda kehidupan di sistem bintang misterius yang diduga memiliki "struktur raksasa yang dibuat alien" sekarang berlangsung. Baca : Astronom Temukan Bintang Aneh Yang Mungkin Tertutup Struktur Raksasa Buatan Alien

Para astronom telah memulai pencarian dengan menggunakan Allen Telescope Array (ATA), sistem piringan radio yang berjarak sekitar 300 mil (483 kilometer) timur laut dari San Francisco, untuk berburu sinyal yang datang dari KIC 8462852, sebuah bintang yang terletak 1.500 tahun cahaya dari bumi.

Teleskop luar angkasa NASA Kepler menemukan bahwa KIC 8462852 meredup secara aneh beberapa kali selama beberapa tahun terakhir.  

Peristiwa peredupan pada bintang biasa disebabkan oleh planet yang melintasi wajah bintang induknya, kata peneliti sementara penjelasan yang lainnya, seperti awan debu besar yang melintas.

Hipotesis terkemuka saat ini melibatkan segerombolan komet yang mungkin telah meluncur ke arah KIC 8462852, yang didorong oleh gravitasi bintang lain yang melintas dekat KIC 8462852. Tapi mungkin juga peredupan yang ditemukan Kepler pada bintang ini disebabkan oleh struktur besar yang dibangun oleh peradaban alien - panel surya raksasa yang mengorbit bintang itu.

Walaupun peluangnya kecil, ilmuwan sekarang menjadikan KIC 8462852 sebagai sasaran untuk berburu sinyal yang mungkin telah dihasilkan oleh alien cerdas.

"Sekarang kami melihat bintang ini dengan Allen Telescope Array," kata Seth Shostak, astronom senior di SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) Institute di Mountain View, California.

"Tidak ada masalah untuk mencobanya," kata Shostak. Tapi, ia menambahkan, bahwa kita "jangan terlalu semangat dengan hal ini karena hal seperti ini pernah terjadi."

Shostak mencontohkan pulsar, mayat bintang superpadat yang berputar cepat dan memancarkan sinar radiasi energi tinggi. Pancaran ini dijemput oleh instrumen di dan di sekitar bumi sebagai pulsa reguler, karena mereka hanya dapat dideteksi ketika mereka menembak lurus ke planet kita (suatu peristiwa yang intervalnya bisa diprediksi karena rotasi pulsar).

Para astronom sudah mengetahui itu sekarang, tapi pada tahun 1960-an, ketika sinyal pulsar pertama ditemukan, beberapa ilmuwan mengartikannya sebagai transmisi yang mungkin berasal dari alien.

"Jadi sejarah menunjukkan bahwa kita akan menemukan penjelasan untuk ini yang tidak melibatkan makhluk Klingon" kata Shostak.

Tapi jika penjelasannya sudah ditemukan, hipotesis alien cerdas akan tetap di atas meja, bahkan jika ATA dan instrumen lain tidak menemukan apa-apa disana. Kurangnya sinyal yang dideteksi tidak membuktikan bahwa KIC 8462852 adalah sistem tanpa kehidupan.

Mungkin saja bintang ini dapat mendukung bentuk kehidupan yang tidak memancarkan sinyal yang kita dapat kita tangkap. Atau mungkin planet disekitar bintang ini pernah sekali menjadi tuan rumah sebuah peradaban yang telah hilang dan punah, meninggalkan megastructure aneh sebagai semacam monumen.



Posting Komentar

0 Komentar