Definition List

header ads

Studi : Kerikil Mars Buktikan Ada Sungai Yang Pernah Mengalir Di Sana

Para peneliti telah menggunakan bentuk kerikil bulat Mars untuk mengekstrapolasi seberapa jauh mereka melakukan perjalanan menyusuri sungai kuno di Planet Merah. Analisis menunjukkan bahwa mereka pindah sekitar 30 mil (50 kilometer), menunjukkan bahwa Mars pernah memiliki sistem sungai yang luas.


Para peneliti mengatakan bahwa bentuk beberapa kerikil Mars menunjukkan batuan ini pernah sekali bergulir puluhan mil menyusuri sungai, mengisyaratkan bahwa saluran air Mars kuno stabil dan tidak hanya aliran stagnan.

Curiosity menemukan batuan kecil bulat di dekat lokasi pendaratan di Kawah Gale pada tahun 2013. Para peneliti sebelumnya menetapkan bahwa batu-batu ini mirip dengan batuan yang ditemukan di sungai-sungai di Bumi, yang menjadi bulat saat bergeser dan berguling ke bawah dasar sungai dan mengikis batuan lainnya.

Sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bebatuan Mars digulung di sungai selama beberapa waktu - sebuah temuan yang akan membantu para ilmuwan merekonstruksi seperti apa Mars kuno dan menjelaskan potensi masa lalu Planet Merah untuk mendukung kehidupan, kata anggota tim studi.

"Kami percaya air cair adalah bahan utama untuk hidup," kata rekan penulis studi Douglas Jerolmack, seorang ahli geofisika di University of Pennsylvania di Philadelphia. "Mengetahui apakah kerikil di sungai pindah 1 kilometer atau 100 kilometer [0,6 mil atau 62 mil] bisa memberitahu kita bagaimana air yang stabil pada permukaan Mars kuno."

Para peneliti mengembangkan sebuah model matematis untuk menyimpulkan bagaimana batuan menjadi bulat dan halus karena erosi. Kemudian, para peneliti menganalisis bentuk kerikil Mars untuk memperkirakan jumlah massa yang hilang akibat erosi.

"Bentuk Sebuah objek dapat bercerita banyak," kata rekan penulis studi Gabor Domokos di Budapest University of Technology and Economics, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari ini (13 Oktober). "Jika Anda pergi ke pantai, sejarah alam ditulis di bawah kaki Anda. Kami mulai memahami bahwa ada kode yang dapat Anda baca untuk mulai memahami sejarah itu."

Untuk menguji model mereka, para peneliti menggulirkan fragmen batu kapur di drum dan mencatat perubahan bentuk dan massa mereka. Mereka menemukan bahwa pola perubahan dalam batuan sesuai model mereka.

Selanjutnya, para peneliti pergi ke sungai gunung di Puerto Rico, untuk menganalisis bebatuan yang ada.

"Kami mulai di hulu, di mana bongkahan batu yang putus dari dinding sungai, dan pergi ke hilir," kata Jerolmack dalam laporan yang sama. "Setiap beberapa ratus meter, kita akan menarik ribuan batu keluar dan mengambil gambar siluet mereka dan mencatat berat mereka." Para ilmuwan menemukan bahwa perubahan dalam batuan ini sesuai model mereka.

Menggunakan gambar yang tersedia untuk umum dari kerikil bulat di Mars dari misi rover Curiosity, para ilmuwan menghitung bahwa batu-batu ini telah kehilangan sekitar 20 persen dari volume mereka. Ketika mereka menghitungnya dalam gravitasi Mars yang kurang, yang hanya sekitar 40 persen dari bumi, mereka memperkirakan bahwa kerikil telah melakukan perjalanan sekitar 30 mil (50 km) dari sumbernya, mungkin dari tepi utara Kawah Gale.

Penelitian ini juga bisa membantu para ilmuwan menganalisis partikel sungai di planet lain dan bulan, seperti satelit terbesar Saturnus, Titan. "Ada kerikil yang terbuat dari air beku di Titan yang dicitrakan oleh Huygens di muara yang tampak seperti alur sungai," kata Jerolmack.

Metode baru yang dikembangkan para peneliti bisa membantu menganalisis tidak hanya sejarah kerikil dalam cairan, "tetapi juga butiran pasir dalam cairan kental seperti kurang udara," kata Jerolmack. "Temuan kami dapat dimanfaatkan untuk melihat sedimen yang tertiup angin di Mars, Bumi dan planet-planet lain di mana sedimen tertiup angin ditemukan."

Meskipun diterapkan di luar angkasa, pemahaman yang lebih baik tentang sejarah partikel "mungkin paling berguna di Bumi," kata Jerolmack. "Emas dan biji besi biji sering ditemukan di sungai, gas dan minyak di endapan sungai, dan orang-orang akan ingin tahu seberapa jauh kerikil yang terkait dengan sumber daya ini telah melakukan perjalanan, untuk mengidentifikasi sumber-sumber mereka."

Para ilmuwan menerbitkan rinci temuan mereka secara online dalam jurnal Nature Communications.

Posting Komentar

0 Komentar