Definition List

header ads

Tujuh Fakta Penting Terkait Terbang Lintas Cassini Melalui Semburan Geyser Enceladus

Semburan geyser di Enceladus



Pada hari Rabu (28 Oktober), NASA Cassini akan mencicipi rasa air laut dari bulan Saturnus Enceladus saat wahana ini terbang melalui semburan geyser dari laut di bawah permukaan Enceladus.

Cassini diluncurkan pada tahun 1997 dan memasuki orbit di sekitar Saturnus pada tahun 2004. Sejak itu, ia telah mempelajari planet besar, cincin dan medan magnetnya serta bulan-bulannya. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang misi terbang lintas Enceladus:

1. Enceladus adalah bulan es Saturnus. Pada awal misinya, Cassini menemukan Enceladus memiliki aktivitas geologi yang luar biasa, termasuk semburan es, uap air dan molekul organik yang penyemprot dari daerah kutub selatan Enceladus. Cassini kemudian menentukan bahwa bulan ini memiliki lautan global dan kemungkinan aktivitas hidrotermal yang berarti itu bisa memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk mendukung kehidupan makhluk hidup sederhana.

2. Terbang lintas ini akan menjadi terbang lintas terendah yang pernah dilakukan Cassini melalui semburan geyser Enceladus, yang diduga berasal dari laut di bawah permukaannya. Cassini pernah terbang lebih dekat ke permukaan Enceladus sebelumnya, tetapi tidak pernah serendah ini melalui semburan aktif ini.

3. Terbang lintas ini tidak dimaksudkan untuk mendeteksi kehidupan, tetapi akan memberikan wawasan baru tentang bagaimana kelayak hunian lingkungan laut Enceladus.

4. Ilmuwan Cassini juga berharap terbang lintas ini akan memberikan wawasan tentang berapa banyak aktivitas hidrotermal -yaitu, proses kimia yang melibatkan batuan dan air panas yang terjadi di dalam Enceladus. Aktivitas ini bisa memiliki implikasi penting untuk potensi kelayakhunian laut Enceladus untuk membentuk kehidupan yang sederhana. Pengukuran penting untuk pertanyaan ini adalah mendeteksi molekul hidrogen.

5. Para ilmuwan juga berharap untuk lebih memahami kandungan kimia semburan ini sebagai hasil dari terbang lintas tersebut. Ketinggian rendah dari pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memberi Cassini sensitivitas yang lebih besar terhadap molekul yang lebih berat dan yang lebih besar, termasuk molekul organik.

6. Terbang lintas akan membantu memecahkan misteri apakah semburan ini terdiri dari semburan seperti kolom, jet individual, berliku-liku, letusan es tirai letusan atau kombinasi keduanya. Jawabannya akan membuat jelas bagaimana materi menuju ke permukaan dari laut di bawah permukaan.

7. Para peneliti tidak yakin berapa banyak materi semburan es ini sebenarnya yang menyemprot ke ruang angkasa. Jumlah aktivitas ini memiliki implikasi besar untuk berapa lama kemungkinan Enceladus telah aktif.

Posting Komentar

0 Komentar