Definition List

header ads

Wahana Cassini Ambil Citra Dekat Bulan Saturnus, Enceladus

 wilayah kutub utara Enceladus. Gambar diambil Cassini saat terbang lintas 14 Oktober



NASA Cassini telah mengirim beberapa gambar yang menakjubkan dari bulan Saturnus, Enceladus yang diambil saat pendekatan terdekat terakhirnya pada bulan es terbesar milik Saturnus ini.

Wahana ini mengambil gambar terbaik yang pernah dilihat dari wilayah utara Enceladus saat terbang lintas 14 Oktober. Wahana ini melintas 1.142 mil (1.839 kilometer) di atas permukaan Enceladus.

Pengendali misi mengatakan bahwa wahana ini akan terus mengirim gambar dan data lain dari pertemuan ini selama beberapa hari ke depan.

Para ilmuwan memperkirakan daerah kutub utara Enceladus terdiri dari banyak kawah, berdasarkan gambar resolusi rendah dari misi Voyager, tetapi gambar resolusi tinggi baru dari Cassini menunjukkan pemandangan baru. 

"Daerah-daerah utara dipenuhi retakan halus seperti jaringan laba-laba yang mengiris melalui kawah," kata Paul Helfenstein, anggota tim pencitraan Cassini di Cornell University, Ithaca, New York. "Celah sempit ini ada dimana-mana di Enceladus, dan sekarang kita melihat bahwa mereka juga membentang melintasi medan utara."

Pertemuan Cassini dengan Enceladus berikutnya direncanakan pada 28 Oktober, ketika pesawat ruang angkasa akan melintas dalam jarak 30 mil (49 kilometer) dari wilayah kutub selatan Enceladus.


medan yang babak belur di sekitar kutub utara bulan es Saturnus Enceladus. Kawah berkerumun dan saling tumpang tindih.


Selama pertemuan itu, Cassini akan menukik terdalam dari yang pernah dilakukan melalui semburan es Enceladus, mengambil sampel kimia laut luar bumi. Ilmuwan misi berharap bahwa data dari terbang lintas ini akan memberikan bukti seberapa banyak kegiatan hidrotermal terjadi di laut bulan, bersama dengan wawasan yang lebih rinci tentang kandungan kimia lautan yang berhubungan dengan potensi kelayakhunian Enceladus.

Terbang lintas terakhir Cassini dengan Enceladus akan terjadi pada 19 Desember, pesawat ruang angkasa ini akan mengukur jumlah panas yang berasal dari interior Enceladus. Terbang lintas ini akan berada di ketinggian 3.106 mil (4.999 kilometer).


Posting Komentar

0 Komentar