Definition List

header ads

New Horizons Ambil Citra Bulan Kecil Pluto, Styx

Citra bulan kecil Pluto, Styx


NASA baru-baru ini merilis gambar bulan kecil Pluto, Styx yang diambil wahana New Horizons dari jarak 391.000 mil (631.000 km).

Gambar baru dari New Horizons juga mengungkapkan ukuran dan bentuk Styx. Menurut NASA, gambar Styx diterima pada tanggal 5 Oktober, 2015, diambil oleh Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) pada tanggal 13 Juli, sekitar 12,5 jam sebelum pendekatan terdekat ke Pluto.

Pada saat itu, NH masih berjarak 391.000 mil (631.000 kilometer) dari Styx, bahkan kamera kuat LORRI masih kesulitan untuk melihat rincian bulan kecil ini.

"Meskipun tidak tampak banyak, gambar komposit baru Styx ini mengungkapkan fitur yang memanjang, kira-kira 4,5 mil (7 kilometer) di dalam dimensi terpanjang dan 3 mil (5 kilometer) dalam dimensi  terpendek," kata Dr Hal Weaver dari Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory, seorang ilmuwan proyek untuk misi New Horizons.

Mengukur kecerahan Styx, dikombinasikan dengan perkiraan ukuran baru ini, menyarankan bulan kecil ini memiliki permukaan es yang sangat reflektif, mirip dengan apa yang sebelumnya ditemukan pada dua bulan Pluto kecil lainnya, Nix dan Hydra.

Styx ditemukan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble pada tahun 2012, ketika New Horizons berjarak lebih dari dua pertiga dalam perjalanan ke Pluto.

Saat ini New Horizons berjarak 3,1 miliar mil (5 miliar kilometer) dari Bumi, dengan semua sistem yang sehat dan beroperasi secara normal.


Posting Komentar

0 Komentar