Definition List

header ads

10 Fakta Menarik Tentang Spacewalk




Spacewalk adalah kegiatan yang dilakukan oleh astronot atau kosmonot di luar pesawat ruang angkasa, di luar atmosfer Bumi. Berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang spacewalk :

1. Spacewalk dapat didefinisikan sebagai aktivitas fisik yang dilakukan oleh astronot di ruang angkasa, di luar pesawat ruang angkasa. Sebuah spacewalk juga disebut EVA. EVA singkatan dari extravehicular activity.

2. Orang pertama yang melakukan spacewalk adalah Alexei Leonov dari Rusia. Ini terjadi pada tanggal 18 Maret 1965 dan melakukan spacewalk selama 10 menit.

3. Spacewalk pertama NASA berlangsung selama program Gemini. Ed White menjadi orang Amerika pertama yang melakukan spacewalk pada tanggal 3 Juni 1965, selama misi Gemini 4 yang berlangsung selama 23 menit.

4. Wanita pertama yang melakukan spacewalk adalah kosmonot Svetlana Savitskaya saat misi Soyuz T-12 pada tanggal 25 Juli tahun 1984.

5. Rekor dunia untuk spacewalk paling lama dipegang oleh astronot Rusia Anatoly Solovyev. Dia telah melakukan 16 spacewalk dan menghabiskan lebih dari 82 jam di luar pesawat ruang angkasa.

6. Astronot melakukan spacewalk karena berbagai alasan seperti memperbaiki satelit atau pesawat ruang angkasa yang berada dalam ruang angkasa.

7. Astronot mengenakan pakaian antariksa (spacesuit) ketika melalukan spacewalk untuk menjaga dirinya tetap aman. Di dalam pakaian antariksa ini, astronot memiliki oksigen yang mereka butuhkan untuk bernapas dan air yang mereka butuhkan untuk minum.

8. Sebuah baju antariksa memiliki berat sekitar 280 pon (127 kg) di tanah - tanpa astronot di dalamnya.

9. Ketika di angkasa, astronot menggunakan tambatan keselamatan - yang menyerupai tali - untuk tinggal dekat dengan pesawat ruang angkasa mereka. Tethers seperti tali. Cara lain astronot tetap aman selama spacewalks adalah dengan memakai SAFER. SAFER singkatan Simplified Aid for EVA Rescue.

10. Astronot mempersiapkan spacewalk dengan berlatih tugas mereka di bawah air di kolam renang yang besar karena mengambang di angkasa sama seperti mengambang di air. Cara lain astronot berlatih untuk spacewalk adalah dengan menggunakan virtual reality.

Posting Komentar

0 Komentar