Definition List

header ads

Video : Cara Membuat Proyeksi Lubang Jarum Untuk Melihat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016



Matahari adalah bintang paling dekat dengan kita, bintang ini juga dapat menjadi sasaran menggiurkan bagi pengamat langit selama gerhana matahari dan transit planet langka di permukaannya, bila dilihat dari Bumi. Tapi matahari adalah bintang terang dan pengamat harus berhati-hati saat melakukan pengamatan tersebut.

Jangan pernah melihat langsung ke arah Matahari menggunakan teropong, teleskop atau dengan mata telanjang Anda. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan mata serius dan bahkan kebutaan. Para ilmuwan dan pengamat langit berpengalaman menggunakan filter khusus dan kacamata untuk aman mengamati matahari.

Karena kacamata khusus gerhana sangat susah di cari, kita harus cari cara alternatif yang tentunya bisa dengan aman melihat Matahari. Salah satu cara termudah untuk mengamati matahari adalah dengan proyektor lubang jarum (pinhole). Berikut cara-caranya :

Dua lembar kertas

Ambilah dua lembar kertas HVS. Kemudian lubangi satu kertas dengan menggunakan jarum atau paku dengan sempurna. Arahkan lubang pada kertas tersebut ke arah matahari dan tangkap banyangan cahaya matahari yang melalui lubang pada kertas pertama menggunakan kertas kedua. 

Menggunakan Kardus

Anda dapat menggunakan kardus apapun, tapi semakin panjang kardus yang anda gunakan, semakin besar bayangan Matahari yang muncul. Lubangi bagian depan kardus dengan menggunakan jarum atau paku dan pastikan bagian depan kerdus tertutup rapat agar tidak ada cahaya yang masuk selain dari lubang yang telah kita buat. Dibagian belakang kardus beri selembar kertas sebagai bidang proyeksi dari bayangan cakram matahari dan beri lubang yang cukup besar di bagian samping kardus tersebut agar mata kita dapat melihat bidang proyeksi tersebut. Arahkan kardus ke arah matahari.

Teropong juga bisa diletakkan di atas pinhole, dengan cahaya dari matahari yang diproyeksikan ke kertas kosong melalui lensa okulernya.

Kacamata khusus gerhana dan kacamata tukang las nomor 14 atau lebih tinggi juga dapat digunakan untuk melihat matahari.

JANGAN PERNAH menggunakan kacamata biasa untuk mengamati matahari karena tidak memberikan perlindungan yang memadai.

Lebih jelasnya lihat cara membuat pinhole di video berikut ini :