Definition List

header ads

Wahana NASA Cassini Kirim Gambar Gunung Tertinggi Di Bulan Saturnus,Titan

Tiga pegunungan di Titan yang dikenal sebagai Mithrim Montes berisi puncak tertinggi di bulan raksasa Saturnus ini.


Pengamatan baru yang dibuat oleh NASA Cassini menunjukkan puncak tertinggi Titan menjulang hampir 11.000 kaki (3.350 meter) ke langit berkabutnya.

Gambar dan data radar yang diambil oleh Cassini mematok gunung di wilayah khatulistiwa yang disebut Mithrim Montes 10.948 kaki setinggi (3337 m) kemungkinan menjadi puncak paling tinggi di Titan, kata ilmuwan misi di Lunar and Planetary Science Conference di The Woodlands, Texas.

Sejumlah puncak lainnya yang setinggi 10.000 kaki (3.050 m) terlihat di permukaan Titan, terutama di tempat-tempat dekat khatulistiwa. Adanya pegunungan besar seperti ini menunjukkan bahwa kekuatan tektonik bisa membentuk lanskap Titan saat ini.

Tapi apa yang mengaktifkan pembuat gunung di Titan tetap misteri, sumber energi yang mungkin adalah tarikan gravitasi kuat Saturnus, pendinginan kerak es Titan dan rotasinya.

Titan memiliki beberapa kemiripan dengan Bumi seperti satelit ini dikelilingi oleh atmosfer tebal yang didominasi nitrogen serta ia adalah satu-satunya objek di tata surya selain Bumi yang dikenal memiliki air cair stabil di permukaannya - meskipun danau dan laut di Titan terdiri dari hidrokarbon, bukan air.

Bahkan, jika ada kehidupan di Titan, itu hampir pasti akan sangat berbeda dengan kehidupan di Bumi karena Titan di dominasi hidrokarbon dan kekurangan air cair di permukaannya.