Definition List

header ads

Inilah Photo Fenomena Keunikan Yang Terjadi Saat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Balikpapan



Gerhana matahari total yang melintasi kota Balikpapan,Kalimantan Timur pada Tanggal 9 maret 2016 disambut dengan antusias oleh masyarakat Balikpapan. Ini terlihat dengan penuhnya tempat-tempat yang menyediakan nobar untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.Seperti di lapangan merdeka dan pantai manggar balikpapan penuh sesak oleh masyarakat yang tidak ingin melewatkan fenomena astronomi yang langka ini. 

Informasi yang diterima oleh astroborneo, tidak hanya masyarakat Balikpapan saja yang ingin menyaksikan gerhana matahari total ini, akan tetapi masyarakat di luar balikpapan seperti Samarinda dan Bontang juga hadir di kota balikpapan untuk menyaksikan fenomena langka ini, karena di wilayah samarinda dan bontang adalah wilayah di kalimantan timur yang tidak dilintasi jalur gerhana matahari total 9 maret 2016.

Seperti yang kita ketahui melihat matahari baik saat gerhana maupun tidak sangat berbahaya bagi retina mata,gerhana matahari total baru aman di lihat pada saat puncak gerhana yaitu pada saat bayangan bulan sepenuhnya menutupi matahari. Akan tetapi ada alternatif cara aman untuk melihat gerhana matahari diantaranya dengan kacamata matahari,kacamata las ukuran 14,negatif film hitam putih,dan cara yang paling sederhana yaitu proyeksi lubang jarum. Photo Fenomena keunikan cara melihat gerhana matahari total inilah yang  akan astroborneo tampilkan disini.

1.Melihat GMT 2016 Dengan Kaca Nako 4 Rangkap + Kacamata Hitam


Sabran (23),adalah seorang mahasiswa semester akhir STIPAN balikpapan yang tidak mau melewatkan fenomena langka GMT 2016,dengan kaca jendela nako yang dibuat 4 rangkap ditambah dengan kacamata hitam sudah cukup untuk melihat Gerhana Matahari Total 2016. kereatif banget yaaa.....hehehehehe...


2.Melihat GMT 2016 Dengan Floppy Disk Tua


Ibu Adi (67) sengaja datang dari Bogor seorang diri ke Balikpapan untuk menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Total 2016. Ia menggunakan floppy disk tua setelah mendapatkan informasi dari LAPAN. (Firman Firdaus/National Geographic Indonesia)


3.Melihat GMT 2016 Dengan Film Foto Rongent


Masyarakat meluapkan perasaan gembira yang luar biasa saat menyaksikan momentum langka, Gerhana Matahari Total (GMT), di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Kaltim, Rabu (9/3/2016) pagi. Untuk dapat menyaksikan fenomena bulan menutupi sinar matahari ke bumi, sebagian menggunakan film foto rongent. (TribunKaltim.co/Domu D. Ambarita)


4.Melihat GMT 2016 Dengan Masker Topeng Las


Pasangan suami istri Herman dan Rini menggunakan Masker topeng las untuk melihat GMT 2016 dari pantai kilang mandiri karena kehabisan stock kacamata gerhana matahari.


5.Melihat GMT 2016 Dengan Kacamata Buatan Sendiri


Ivo dan keluarganya membuat kacamata mereka sendiri untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016 di Pantai Kilang Mandiri, Balikpapan. (Firman Firdaus/National Geographic Indonesia)


Itulah beberapa photo keunikan cara melihat gerhana matahari total 9 maret 2016 yang terjadi di kota Balikpapan. Jika ada yang memiliki photo keunikan yang terjadi pada saat gerhana matahari total silahkan di kirim ke email ya...