Definition List

header ads

Mengapa Bulan Tidak Jatuh Ke Bumi?




Mengapa bulan tidak tertarik oleh gravitasi bumi? Kenapa bulan tidak jatuh? Apakah bulan berada di luar pengaruh gravitasi bumi? Apakah tarikan gravitas bumi kepada bulan sama besar dengan tarikan gravitasi matahari terhadap bulan sehingga resultan gayanya menjadi nol?

Paling tidak, pertanyaan-pertanyaan itu yang sempat muncul. Banyak jawaban yang menyatakan bulan tidak jatuh ke bumi karena adanya gaya sentrifugal yang berlawanan arah dengan gaya gravitasi bumi. Itu jawaban yang salah. Gaya sentrifugal adalah gaya yang tidak nyata, pseudo,atau biasa disebut fictitious force, yang
dibuat untuk menjelaskan konsep aksi-reaksi.Jadi, gaya sentrifugal bukanlah sebab kenapa bulan tidak jatuh ke bumi, tetapi justru gaya sentrifugal itu dimunculkan karena kenyataannya bulan tidak jatuh ke bumi. Bingung?

Menjawab pertanyaan kenapa bulan tidak jatuh ke bumi dengan mengatakan bahwa gaya sentrifugal yang menahan bulan dari jatuh ke bumi sama seperti dengan menjawab pertanyaan, "Mengapa bola di atas meja tidak jatuh ke lantai?" dengan jawaban, "karena ada gaya Normal sebesar berat benda". Bukan gaya Normal yang menahan bola tidak jatuh ke lantai, tetapi meja-lah yang menahan bola tersebut tidak jatuh. Gaya Normal diciptakan untuk menghasilkan resultan gaya = 0. Sama seperti gaya sentrifugal bulan diciptakan untuk membuat resultan gaya menjadi 0.

Lantas apa yang membuat bulan tidak tertarik gravitasi bumi? Justru karena adanya gravitasi bumi-bulan itulah maka bulan tetap berada dalam orbitnya. Kalau tidak ada gravitasi, maka bulan tersebut sudah akan ngeloyor entah ke mana sekarang ini. Kenapa? Seperti kita ketahui dari Hukum I Newton, benda diam atau bergerak lurus beraturan (GLB) akan tetap diam atau GLB bila tidak ada gaya yang bekerja kepadanya. Jadi sebetulnya bulan itu ingin pergi meninggalkan bumi dengan kecepatan konstan (GLB) tetapi karena ada gaya tarik bumi maka alih- alih pergi, dia malah bergerak mengitari bumi.

Hal ini persis seperti kita mengikat suatu benda (kayu) dengan tali kemudian kita putar-putar. Kayu tersebut tetap berputar-putar karena ada tali yang mengikatnya. Kalau tidak ada tali tersebut maka kayu itu akan terlepas dan pergi meninggalkan orbitnya.

Tetapi berbeda dengan tali, yang tetap megang kayu walaupun diputar secepat mungkin (asal tidak sampai talinya putus), ikatan bumi-bulan adalah gravitasi yang besarnya sudah tertentu sesuai rumus. Dan kecepatan bulan tersebut pas dengan gravitasi yang dibutuhkan.

Bergerak lebih cepat lagi, bulan akan terlempar keluar, jika bulan bergerak lebih lambat dari kecepatan saat ini, bulan akan tertarik ke bumi dan Boom! Tabrakan akan terjadi. Maka oleh karena itu, janganlah sekali-sekali kita menambah apalagi mengurangi kecepatan bulan mengedari bumi, dengan cara apapun.