Definition List

header ads

Astronom Temukan Planet Pengembara Berukuran delapan kali massa Jupiter

Beta Pictoris-b di orbit sekitar cakram puing bintang Beta Pictoris.


Astronom berhasil temukan sebuah planet pengembara raksasa dalam kelompok Beta Pictoris moving group.

Planet itu disebut PSO J318.5338-22.8603 memiliki massa lebih dari delapan kali massa Jupiter. Planet ini ditemukan dengan oleh pencitraan langsung dengan spektrograf inframerah dekat. Instrumen ini mampu menentukan bahwa planet baru ini berputar pada tingkat lima sampai 10,2 jam, kata para peneliti.

Selanjutnya, karena tim tahu perkiraan usia Beta Pictoris moving group, mereka dapat menyimpulkan usia PSO J318.5338-22.8603. Tim mengatakan bahwa mengetahui usia moving group memungkinkan mereka untuk mengkonfirmasi bahwa objek yang mereka lihat memang sebuah planet, bukan bintang gagal, atau 'brown dwarf', yang cenderung memiliki ukuran yang sama.

Beta Pictoris moving group adalah sekelompok bintang yang bergerak bersama-sama di ruang angkasa. Karena mereka berkelompok, mereka pasti dibentuk pada saat yang sama, dan memiliki usia yang sama. Mengkonfirmasikan bahwa PSO merupakan anggota dari kelompok ini, itu menegaskan usia PSO.

Planet pengembara atau "mengambang bebas" seperti PSO J318.5338-22.8603 sangat penting karena mereka tidak berdekatan dengan bintang. Hal ini membuatnya sulit untuk membedakan banyak detail dengan planet yang mengorbit bintang. Sekarang mempelajari PSO akan menambah pengetahuan kita tentang pembentukan planet.