Definition List

header ads

Kemegahan Planet Saturnus Yang Di Potret Wahana Antariksa Cassini

Gambar Saturnus, diambil oleh wahana Cassini pada 15 September 2015. Panjang gelombang cahaya yang ditangkap di gambar ini sensitif terhadap kehadiran metana. Bulan Dione dapat dilihat di kiri bawah gambar.


Sebuah foto hitam-putih yang baru diambil oleh wahana Cassini menunjukkan gas metana di Saturnus, dan menangkap atmosfer megah planet ini.

Planet keenam dari matahari ini sering didefinisikan oleh sistemnya cincinnya, tapi Saturnus juga memiliki pemandangan yang luar biasa untuk dilihat. Meskipun tidak flamboyan seperti Jupiter, yang tampaknya memiliki jumlah garis-garis berwarna-warni tak terhitung dan bintik-bintik brilian, Saturnus juga masih memiliki kualitas megah di atmosfernya.

Dalam gambar ini, Cassini menangkap panjang gelombang cahaya yang diserap oleh metana - daerah yang lebih gelap menunjukkan lebih banyak metana. Lihat ke bawah di bulan kecil Dione, Saturnus menundukkannya dengan mudah, memberikan kesan bangsawan, sementara sistem cincinnya berfungsi sebagai mahkota halus.

Misi Cassini mendekati akhir eksplorasi yang luar biasa dari Saturnus. Pada tahun 2017, wahana iniakan mengeksekusi serangkaian selaman menantang maut melalui sistem cincin planet, sebelum menabrak permukaan planet ini.  

Gambar ini diambil pada jarak sekitar 819.000 mil (1,32 juta kilometer) dari Saturnus.

Dalam gambar baru, diambil 6 September 2015, daerah gelap dari planet adalah tempat di mana cahaya bepergian lebih dalam ke atmosfer gas Saturnus. 

Bulan Saturnus, Dione hanya memiliki diameter 689 mil (1.123 km). Ini adalah salah satu dari 53 bulan yang dikenal mengorbit Saturnus. Dalam gambar, cahaya dari Dione telah dicerahkan untuk membuatnya lebih terlihat.

Misi Cassini merupakan misi kerjasama yang dilakukan oleh NASA, European Space Agency dan Badan Antariksa Italia, mulai sebagai misi Cassini-Huygens. Setelah menjatuhkan probe Huygens ke permukaan bulan terbesar Saturnus, Titan, pada tahun 2005, probe Cassini terus mengeksplorasi sistem Saturnus.

Misi Cassini-Huygens telah menemukan banyak penemuan tentang sistem Saturnus yang liar dan indah, termasuk bukti air cair di Enceladus, tanah longsor di bulan Iapetus, dan danau metana danau raksasa di Titan. Misi ini juga menemukan cincin baru yang berjarak 8 juta mil (12,9 juta km) dari Saturnus.

Posting Komentar

0 Komentar