Definition List

header ads

Planet Bumi Yang Kita Tempati Ini Ternyata Benar-benar Unik Dan Spesial



Di antara 700 juta triliun planet di alam semesta yang kita dikenal, Bumi telah membuktikan bahwa ia sangat unik dan spesial.

Menurut 'Prinsip Copernicus,' planet kita tidak memegang posisi istimewa dalam kosmos, tapi sekarang, sebuah studi baru menunjukkan bahwa Bumi sangat spesial, membuktikan prinsip ini salah.

Astronom Erik Zackrisson dari Uppsala University di Swedia menggunakan simulasi komputer untuk model semua planet terestrial yang mungkin ada di alam semesta. Menurut laporan mendalam dalam Scientific American, model komputer membuat salinan digital miniatur alam semesta awal.

Dia kemudian memperhitungkan semua data exoplanet yang ditemukan dan memodelkan apa yang akan terjadi pada planet-planet ini saat diberi hukum fisika yang dikenal.

Tim menemukan bahwa jika Anda membawa model ini 13,8 miliar tahun kedepan, dari 700 triliun planet, tidak akan ada yang mungkin terlihat seperti Bumi. Hal ini karena sebagian besar planet ini jauh lebih tua, yang menyebabkan mereka percaya bahwa usia Bumi yang relatif muda dan posisinya di dalam Bima Sakti membuatnya unik.

Para peneliti menyimpulkan bahwa bumi membuat pelanggaran ringan pada prinsip Copernicus.

Hasil penelitian telah dipublikasikan ke arXiv dan akan diterbitkan di Astrophysical Journal.