Definition List

header ads

Venus Dan Jupiter Hiasi Langit Di Bulan Suci Ramadan


Saat seluruh Umat Islam di seluruh dunia merayakan bulan suci Ramadan, Venus dan Jupiter juga turut meriahkan bulan yang suci dan berkah ini dengan menghiasi langit menjadi lebih indah.

Planet Venus dan Jupiter dapat terllihat dengan mata tel**jang di langit barat setelah matahari terbenam. Menariknya lagi, kedua planet tersebut akan terlihat jelas dan sempurna di sore hari pada akhir Ramadhan atau 17 Juli 2015, tepat saat Idul Fitri tiba. (tanggal yang tepat dapat bervariasi berdasarkan lokasi).

Venus dan Jupiter perlahan akan menjauh pada bulan akhir Juli nanti setelah mereka sedekat 20 menit busur (0,33 derajat) pada 30 Juni lalu, sekitar dua pertiga lebar bulan purnama.Seiring berjalannya hari, kedua planet itu akan semakin tak terlihat, karena mereka semakin dekat dengan Matahari. Namun, keduanya masih bisa terlihat bersinar saat langit senja.


Bila ingin melihat Venus dan Jupiter menggunakan teleskop, planet itu akan muncul hampir dengan ukuran sama, yang bahasa ilmiahnya sekitar 32 detik busur atau 1/60 diameter tetap dari Bulan.  

Meski demikian, Venus akan terlihat lebih terang dari biasanya pada 10 Juli. Walaupun penampakannya akan sulit terlihat, karena posisinya rendah di langit saat senja.  Sementara itu, Jupiter kemungkinan akan memudar di langit sehingga di butuhkan teropong untuk melihatnya, tepatnya pada 26 Juli.

Konjungsi seperti ini terjadi di langit Bumi karena semua planet perjalanan disepanjang bidang yang hampir sama yang disebut ekliptika. Dari waktu ke waktu, planet yang berada dalam orbit yang lebih kecil mengelilingi matahari "mengejar" planet di orbit yang lebih besar yang terlihat di langit.

Gambar ini diambil oleh Saheed Jarafi di balik Masjid Rasulullah di Teheran, Iran.