Definition List

header ads

Rosetta Juga Tangkap Citra Pluto Dari Jarak Lima Miliar Kilometer

Citra Pluto yang diambil oleh wahana pengorbit komet 67P, Rosetta pada tanggal 12 Juli 2015. Gambar kiriCitra yang belum diprosesdikaburkan oleh butiran debu koma komet 67PTengahPluto dari bintang-bintang seperti yang terlihat dari Rosetta.KananGambar yang sudah diolah menunjukkan Pluto sebagai titik terang dalam lingkaran biru.


Pada Minggu, 12 Juli 2015, OSIRIS, sistem pencitraan ilmiah di pesawat ruang angkasa ESA Rosetta, sekilas mengarah ke tepi tata surya kita. Alih-alih mempelajari komet 67P / Churyumov-Gerasimenko seperti yang biasa ia lakukan dalam 15 bulan terakhir, instrumennya sempat mengintip ke arah Pluto. Wahana antariksa NASA New Horizons melintas dekat planet kerdil ini hari itu.

Waktu pemaparan lebih dari tiga jam dan pengolahan gambar yang canggih diperlukan untuk mendeteksi Pluto dalam gambar OSIRIS yang diambil dari jarak lebih dari lima miliar kilometer. Hal ini membuat Pluto menjadi objek terjauh di Tata Surya yang pernah di lihat wahana Rosetta.

Rosetta adalah misi badan antariksa Eropa (ESA) yang dibantu oleh NASA. Rosetta adalah misi pertama dalam sejarah yang bertemu dengan komet, mengawal komet tersebut saat mengorbit Matahari, dan merilis wahana pendarat ke permukaan komet itu. 

Posting Komentar

0 Komentar