Definition List

header ads

Astronom Temukan Tiga Supernova Yang Meledak Di Ruang Antar Galaksi


Gambar yang tajam diperoleh oleh Teleskop luar angkasa Hubble telah mengkonfirmasi bahwa tiga supernova yang ditemukan beberapa tahun lalu meledak di kehampaan gelap ruang intergalaksi, setelah terlempar dari galaksi induk mereka jutaan atau milyaran tahun sebelumnya.

Kebanyakan supernova ditemukan di dalam galaksi yang berisi ratusan miliar bintang, salah satunya mungkin meledak setiap abad per galaksi.

Ini supernova kesepian, ditemukan diantar galaksi dalam tiga kluster besar yang masing-masing berisi beberapa ribu galaksi. Bintang-bintang 'tetangga terdekatnya mungkin berjarak 300 tahun cahaya, hampir 100 kali lebih jauh dari tetangga bintang terdekat Matahari, Proxima Centauri, 4,24 tahun cahaya. 

Supernova penyendiri sangat langka, memberikan kita petunjuk penting tentang apa yang ada dalam ruang-ruang kosong yang luas antar galaksi, dan dapat membantu para astronom memahami bagaimana kluster galaksi terbentuk dan berevolusi sepanjang sejarah alam semesta.

Dunia yang peyendiri mengingatkan pemimpin studi Melissa Graham dari University of California, Berkeley, dari bintang fiksi Thrial, dalam novel Iain Banks Against a Dark Background,, terletak satu juta tahun cahaya dari bintang lain. Salah satu planetnya yang dihuni, Golter, memiliki langit malam hampir tak berbintang.

Setiap planet di sekitar bintang intrakluster ini yang meledak dalam apa yang disebut supernova Tipe Ia,  tidak diragukan lagi dilenyapkan oleh ledakan, tetapi planet seperti Golter, akan memiliki langit malam yag tak memiliki bintang terang, kata Graham. Kepadatan bintang intracluster sekitar satu/sejuta dari apa yang kita lihat dari Bumi.

Posting Komentar

0 Komentar