Definition List

header ads

Video Perjalanan Hingga Ke Tepi Alam Semesta

Ilustrasi perjalanan menggunakan lubang cacing


Dapatkah kita menjelajah alam semesta? dapatkah kita menjelajah ruang antar bintang?penjelajahan antar planet sudah ilmuwan lakukan dengan mengirim wahana antariksa tak berawak hingga ke planet kerdil Pluto.Wahana antariksa buatan manusia tak berawak voyager 1 merupakan wahana terjauh yang sekarang berada di ruang antar bintang yang menempuh jarak 19,5 miliar km.

Namun menjelajah antar bintang sangaaaaat sulit. Karena jarak yang harus ditempuh lebih dari 1 tahun cahaya dimana 1 tahun cahaya sama dengan 9,45 triliun km. Dan bintang tetangga terdekat 4,2 tahun cahaya atau 38 triliun km jauhnya. Dengan kecepatan wahana Helios 2, benda buatan manusia tercepat, dibutuhkan waktu 19.000 tahun agar bisa sampai ke Proxima Centauri.

Jarak dan kecepatan merupakan masalah pertama yang dihadapi. Namun di masa depan mungkin teknologi telah memecahkan masalah ini, misalnya roket bertenaga fisi nuklir, wahana layar matahari, Projek Orion, dan roket bertenaga antimateri.

Dibawah ini adalah video gambaran penjelajahan hingga ke tepi alam semesta yang mungkin sudah bisa di lakukan di masa depan dengan teknologi yang terus di kembangkan oleh manusia :