Definition List

header ads

Langit Hawaii Di Lintasi Meteor Seterang Planet Venus



Astronom asal Hawaii belum lama ini mengumumkan bahwa dirinya sempat menangkap ada meteor melintasi langit Mauna Kea.

Ichi Tanaka pada akhir September kemarin sedang melakukan rutinitasnya mengamati langit menggunakan Teleskop Subaru yang berada di atas gunung Maunakea.

Teleskop Subaru terbilang besar, ukuran optik inframerahnya mencapai 8,2 meter.

Malam itu, Tanaka melihat ada bola cahaya terang terbang melintas secara cepat di langit. Objek yang ia yakini sebagai meteor itu terbakar saat ia masuk atmosfer Bumi.

Tanaka mengklaim, meteor itu terangnya hampir sama dengan Planet Venus.

Apa yang disaksikan Tanaka telah dikonfirmasi oleh pihak University of Hawaii. Fenomena serupa nyatanya juga mereka saksikan melalui teleskop All-Sky Camera.

"Kami sangat terpesona," ujar Tanaka, seperti dikutip dari portal berita West Hawaii Today.

Tanaka juga mengatakan, meteor itu menjadi yang terbesar dan paling terang yang pernah ia lihat selama 10 tahun bekerja di National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ). NAOJ adalah pihak yang mengoperasikan Teleskop Subaru.

Ekor meteor tersebut juga terekam kamera monitor CloudCam.

"Jika kita tidak memiliki kamera, tak akan ada yang menyadari peristiwa ini. Bisa dibilang ini bukan kesengajaan bagi kami untuk menangkap momen penting. Sungguh tidak terduga," serunya.

Operator Subaru Mike Lemmen turut menyatakan rasa beruntungnya bisa menjadi saksi jatuhnya meteor tersebut.

"Hadiah tersendiri bagi saya yang bekerja di jam malam di atas gunung. Semoga fenomena astronomi seperti ini mendorong banyak pelajar agar mau mengamati langit lebih sering," ucap Lemmen.