Definition List

header ads

Studi Baru : Planet Proxima b Mungkin Memiliki Lautan Global Dan Atmosfer Tipis

Ilustrasi planet proxima b. kredit : space.com


Analisis baru mengatakan bahwa Proxima b bisa menjadi planet layak huni yang memiliki "lautan" dan dikelilingi oleh atmosfer gas tipis mirip dengan planet kita.

Sebuah tim peneliti internasional telah menghitung dimensi planet ekstrasurya berbatu ini, bersama dengan sifat permukaannya, menemukan bawa mungkin planet ini memiliki fitur yang mendukung kemampuan untuk mendukung kehidupan.

Planet ini mengorbit dalam zona layak huni dari tetangga terdekat matahari kita, Proxima Centauri, dan mungkin memiliki massa hanya 1,3 kali dari Bumi, dengan permukaan yang ditutupi oleh lautan cair tunggal dengan kedalaman 124 mil.

Dalam studi baru, yang direncanakan akan diterbitkan di Astrophysical Journal Letters, peneliti yang dipimpin oleh tim dari Marseille Astrophysics Laboratory (CNRS/Aix-Marseille Université) menemukan berbagai komposisi potensi Proxima b.

Para ilmuwan pertama kali mengumumkan penemuan planet ini pada bulan Agustus, dan berharap ini akan segera menjadi exoplanet pertama yang akan dikunjungi oleh robot bumi.

Membangun dari pengamatan sebelumnya, peneliti sekarang telah menentukan bahwa Proxima b mengorbit bintangnya pada jarak 0,05 unit astronomi - hanya sepersepuluh dari jarak Matahari-Merkurius.

Meskipun dekat dengan mataharinya, ilmuwan berpikir bahwa planet ini masih cukup dingin untuk pelabuhan memiliki air cair di permukaannya, karena Proxima Centauri adalah katai merah dengan massa dan radius hanya sepersepuluh dari Matahari, dan kecerahan seribu kali lebih kecil.

Proxima b bisa memiliki radius antara 0,94 dan 1,4 kali dari Bumi, para peneliti mengatakan.

Dalam satu komposisi yang mungkin, para peneliti mengatakan bahwa Proxima b dapat menjadi 'planet laut' dengan air yang mirip dengan lautan di bawah permukaan seperti yang terlihat pada bulan-bulan dingin Jupiter dan Saturnus.

Dengan penjelasan ini, planet ini akan memiliki radius 5.543 mil, terdiri dari 50 persen batuan dan dikelilingi oleh laut besar yang membentuk 50 persen lainnya.

Lautan global yang berada 124 mil dibawah permukaan ini. Di bawah laut global ini, tekanan akan begitu kuat sehingga air akan berubah menjadi lapisan es bertekanan tinggi hingga mencapai mantel logamnya yang berada di kedalaman 1.926 mil.

Menurut para peneliti, Proxima b juga bisa ditutupi oleh atmosfer gas tipis, seperti yang terlihat di Bumi, sehingga berpotensi layak huni.

Komposisi lain yang mungkin akan terlihat pada Proxima b dengan make-up yang mirip dengan Merkurius jika radiusnya berada pada angka minimum yang diperkirakan oleh para peneliti, hanya 3.722 mil.

Hal ini akan membuat Proxima b menjadi 'planet yang sangat padat,' dengan inti logam yang menyumbang 65 persen dari massanya, sedangkan sisanya adalah mantel berbatu dan silikat.

Menurut para peneliti, daerah ini akan bertemu di batas 932 mil, dan juga bisa menjadi tuan rumah air cair - tapi kurang dari 0,5 persen dari massa planet, mirip dengan apa yang terlihat di Bumi.

Tim juga memperkirakan radius Proxima b untuk skenario yang diusulkan dalam upaya sebelumnya, termasuk satu di mana planet ini benar-benar kering.

Pada Proxima b, para peneliti mengatakan bahwa ultraviolet dan sinar-X dari bintang induknya bisa membuat air rentan terhadap penguapan, dan pengukuran masa depan menunjukkan bahwa kelimpahan bintang dari unsur-unsur berat, termasuk magnesium, besi, dan silikon, akan membungkus permukaan planet ini.