Definition List

header ads

Curiosity Temukan Potensi Tanda-Tanda Kehidupan Kuno Mars


Sebuah batu singkapan yang terletak di Gillespie Like Mars menampilkan tanda-tanda potensial struktur sedimen mikroba kuno, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh geobiologist Nora Noffke dalam jurnal Astrobiology. Penelitian ini belum bisa dijadikan bukti bahwa kehidupan kuno ada di Mars.

Sebuah studi yang meneliti gambar yang diambil oleh NASA rover Curiosity telah mengungkapkan kesamaan menarik antara batuan sedimen kuno di Mars dan struktur batuan yang dibentuk oleh mikroba di Bumi. Temuan ini menunjukkan (tapi tidak membuktikan) bahwa kehidupan mungkin pernah terbentuk di Planet Merah.

Menurut ilmuwan NASA, ini merupakan bukti yang sangat menjanjikan mengenai tanda-tanda kehidupan di Planet Merah itu.  

Gambar itu berlokasi di salah satu sudut Mars, tepatnya Gillespie Lake Outcorp yang ditandai sebagai Yellowknife Bay. Diduga, lokasi tersebut dahulu adalah sebuah danau besar berisi air.


Hamparan sketsa pada foto batuan Mars dari atas untuk membantu dalam identifikasi struktur pada batuan permukaan yang digunakan dalam penelitian geobiologist Nora Noffke dalam jurnal Astrobiology. Studi ini menunjukkan (tapi tidak membuktikan) tanda-tanda potensi kehidupan kuno di Planet Merah.

"Dalam sebuah gambar, saya melihat hal yang sangat serupa dengan bumi. Saya teliti lebih dalam untuk waktu yang cukup lama. Bebatuan di Mars itu sangat mirip dengan yang ada di bumi. Formasi bebatuan seperti itu biasanya tercipta karena campur tangan mikroorganisme," ujar Dr. Nora Noffke.  

Penelitian Nora ini telah dipublikasikan di Jurnal Astrobiologi. Menurutnya, dari pemeriksaan struktur bebatuan Mars dan membandingkannya dengan bebatuan bumi, hasilnya sama dan mirip. 

Dia yakin, saat kehidupan di bumi berevolusi, lapisan material organik menyebar dimanapun ada kelembaban, membiarkan materi mikroba membuat pola di bebatuan.  

"Ini disebabkan erosi alam. Namun jika ini bukan asli bentukan secara biologi, maka ini merupakan kebetulan yang sangat luar biasa," kata dia.

Posting Komentar

0 Komentar