Definition List

header ads

Bumi Untuk Mars : Selamat Tahun Baru!


Bumi untuk Mars : Selamat Tahun Baru!!!! :D 

Tahun berganti tidak hanya ada di bumi. Bumi merayakan satu tahun sekali sebagai tahun baru, sedangkan di planet Mars, perhitungannya sangat berbeda.  Pihak NASA menentukan tahun baru di Mars akan jatuh pada hari ini, 18 Juni 2015. Tahun baru di Mars sama dengan dua kali tahun baru di Bumi. 

Untuk merayakan tahun baru Mars, NASA pun menggelar perhelatan selama dua hari di akhir pekan. NASA, yang menjadi sponsor utama dari eksibisi itu, menunjuk sebuah kota di sebelah utara kota Pittsburgh, Amerika, sebagai tempat pelaksanaan. Kota itu memang diberi nama Mars. 

"Kami berharap event ini akan memicu para remaja untuk tergerak mempelajari sains dan teknologi. Ini bisa menjadi cambukan bagi kami untuk semangat menjalankan misi mengirim manusia ke Mars pada 2030 nanti," ujar pihak NASA. 

Dalam laman khusus Mars New Year, disebutkan jika perhelatan ini akan diadakan setiap dua tahun sekali. Tahun baru Mars berikutnya akan jatuh pada 5 Mei 2017, lalu 23 Maret 2019, kemudian di 7 Februari 2021.  "Festival Mars tahun ini adalah merayakan tahun baru Mars ke-33," tulis laman tersebut. 

Kota Mars dibuat sejak 1875 dan dinamai berdasarkan nama planet merah yang ada di alam semesta. Di kota yang terletak 20 mil dari Pittsburgh ini terdapat sekitar 1.700 populasi manusia. Desain kota pun dibuat mirip dengan kota biasa, namun layaknya sebuah museum, yang menyajikan banyak hal terkait luar angkasa. 

Di dalam kota ini dipajang ornamen luar angkasa, khususnya Mars. Ada foto-foto permukaan Mars, patung UFO, replika kendaraan luar angkasa atau Mars, patung astronaut dan bahkan informasi mengenai cara kerja NASA menjalankan misi luar angkasa. 

Festival yang diadakan selama dua hari ini akan diisi oleh diskusi sains, festival, kontes kostum bertema sains fiksi dan lainnya. 

Posting Komentar

0 Komentar