Definition List

header ads

Hari Hancur Leburnya Alam Semesta (Akhir Dari Segalanya) Bagian 2

Berikut ini adalah sebuah artikel menarik yang dilansir dari situs universetoday.com yang bercerita tentang akhir dari segalanya. Seperti apa ceritanya? Yuk kita baca

Dapat dikatakan bahwa manusia memiliki sedikit pandangan tentang akhir dari alam semesta kita.Mari kita benar-benar berpikir dan mencoba bayangkan apa yanh terjadi di masa depan, apa yang akan terjadi jutaantriliunandan bahkan 10100 tahun ke depanMari kita pertimbangkan akhir dari segalanya.

Baca Artikel Awal Di sini : Hari Hancur Leburnya Alam Semesta(Akhir Dari Segalanya) Bagian 1

Akhir Dari Kosmologi (3 Trilyun Tahun Dari Sekarang) 



Alam semesta berperan sebagai mesin waktu alami. Karena cahaya bergerak dengan kecepatan, kita dapat melihat obyek yang jauh dan melihat bagaimana bentuk mereka di masa lalu. Lihatlah ke bagian paling ujung alam semesta terlihat, anda akan melihat cahaya yang dipancarkan miliaran tahun yang lalu, tak lama setelah Big Bang.

Ini berguna, tapi ada masalah. Energi gelap misterius, yang mempercepat perluasan alam semesta membuat galaksi paling jauh bergerak lebih cepat dan lebih cepat menjauh dari kita. Akhirnya, mereka akan menyeberangi cakrawala peristiwa dan tampaknya bergerak menjauhi kita lebih cepat dari kecepatan cahaya. Pada titik ini, setiap cahaya yang dipancarkan oleh galaksi akan berhenti menghubungi kita. Setiap galaksi yang melintasi cakrawala ini akan berangsur hilang dari pandangan, sampai foton yang terakhir mencapai kita. Semua galaksi akan hilang dari tampilan selamanya.

Menurut sebuah makalah penelitian baru oleh Lawrence M. Krauss dan Robert J. Scherrer, jika ada astronom masa depan yang hidup 3 triliun tahun dari sekarang hanya akan melihat galaksi kita sendiri ketika mereka melihat ke langit malam.

Percepatan pengembangan ini memiliki konsekuensi lain juga. Radiasi latar belakang gelombang mikro, yang digunakan astronom untuk menemukan bukti dari Big Bang akan memudar juga. Tidak hanya itu, tetapi kelimpahan bahan kimia yang sesuai untuk teori bigbang akan disembunyikan oleh bintang generasi berikutnya.

Dalam 3 triliun tahun dari sekarang, tidak akan ada jejak Big Bang. Tidak ada petunjuk bagi kosmolog di masa depan untuk mengakui bahwa alam semesta kita hidup da di mulai dari satu titik dan telah berkembang sejak itu. Sat itu, Alam Semesta akan tampak statis dan tidak berubah.

Akhir Dari Bima Sakti


Yang harus anda lakukan adalah melihat ke ruang angkasa dengan teleskop dan melihat nasib yang menanti galaksi kita. Di semua arah langit, kita dapat melihat interaksi antara gravitasi berbagai galaksi. Pada awalnya pertemuan ini akan melakukan kekerasan; galaksi saling merobek satu sama lain, menanggalkan material, dan menghasilkan wilayah besar pembentukan bintang. Lubang hitam supermasif aktif di inti galaksi akan hidup dan menjadi galaksi AGN (active galactic nuclei), melahap materi baru yang datang padanya.

Teman tabrakan galaksi bima sakyi kita di masa depan sedang bergerak ke arah kita, Andromeda. Sekitar 2 miliar tahun dari sekarang, dua galaksi ini akan bertabrakan, dan kemudian berpisah. Kemudian mereka akan bertabrakan lagi dan lagi sampai mereka bersatu membentuk 1 galaksi baru yang lebih besar, Milkomeda. Lubang hitam supermasif kembar akan mengorbit satu sama lain, dan akhirnya bergabung bersama membentuk sebuah lubang hitam yang lebih besar.

Posisi kita di Bima Sakti akan berubah (jika kita masih ada). Kita mungkin akan terdorong keluar mencapai halo luar galaksi - setidaknya 100.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Karena Matahari masih akan bertahan sampai 5 miliar tahun lagi, beberapa bentuk kehidupan masa depan di Bumi mungkin bisa melihat peristiwa ini.

Proses penggabungan akan selesai sekitar 7 miliar tahun dari sekarang.

Ini bukan akhir dari galaksi karena Bima Sakti kita dan Andromeda telah bersatu membentuk galaksi baru Milkomeda dengan bintang-bintang yang mengorbit inti pusatnya. Selama jangka waktu yang panjang, diperkirakan antara 1019 1020 tahun. Kemudian galaksi akan terkikis dan semua bintang akan lepas ke luar ruang antar galaksi.


Akhir Dari Bintang (100 Trilyun Tahun Dari Sekarang) 


Kita bisa melihat di dalam galaksi kita dan melihat bintang-bintang membentuk di sekitar kita. Masih ada sisa gas dan debu yang cukup di galaksi Bima Sakti untuk membuat generasi baru bintang. Tetapi ketika kita melihat galaksi lain,  seperti galaksi elips yang lebih tua, mereka sudah kehabisan debu dan gas untuk membentuk bintang baru. 

Suatu hari di kosmos, tidak akan ada lagi pembentukan bintang baru sama sekali.  Dan kemudian suatu hari, bintang terakhir akan menghabiskan bahan bakar hidrogen terakhirnya, menjadi raksasa merah dan kemudian memudar menjadi kerdil putih.. Bahkan bintang-bintang paling redup seperti katai merah dingin akan menggunakan bahan bakar terakhir mereka (meskipun membutuhkan waktu sekitar 10 trilyun tahun lagi). Mereka juga akan berubah menjadi bintang katai hitam.

Maka, dalam waktu sekitar 100 trilyun tahun dari sekarang, setiap bintang di alam semesta, besar dan kecil, akan menjadi kerdil hitam. Sebuah gumpalan materi hitam dengan massa bintang tetapi memiliki suhu latar belakang alam semesta.