Definition List

header ads

Cassini Tangkap Gambar Terbaru Dione, Bulan Saturnus


Pada hari Selasa (16 Juni), wahana NASA Cassini mengalami pertemuan SANGAT dekat dengan salah satu bulan Saturnus yang memiliki kawah besar, Dione.

Gambar ini, yang ditangkap oleh kamera sudut sempit Cassini, diambil ketika wahana tersebut berjarak 48.000 mil (77.000 kilometer) jauhnya dari Dione. Namun, Cassini terbang pada jarak sekitar 321 mil (516 km) dari permukaan Dione saat terbang lintas terdekatnya hari itu. 

Saat melintas dekat Dione, Cassini hanya berjarak 321 mil (516 kilometer), ini adalah terbang melintas ke-4 Cassini pada Dione, tapi itu bukan yang paling dekat. Saat terbang melintas ke-3 yang terjadi pada 12 Desember 2011, Cassini hanya berjarak 62 mil (99 kilometer) dari permukaan kawah Dione.

Cassini diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 1997, dan tiba di Saturnus pada tahun 2004; sejak itu, ia telah menjelajahi Saturnus dan 53 bulannya yang dikenal. Misi panjang pesawat ruang angkasa ini kemungkinan akan berakhir pada tahun 2017 ketika ia kehabisan bahan bakar dan melakukan aksi bunuh diri dengan terjun ke atmosfer Saturnus. Tapi sebelum itu, Cassini di harapkan akan terbang diantara Saturnus dan bidang cincinnya yang unik.

Posting Komentar

0 Komentar