Definition List

header ads

Astronom Temukan Aliran Lava Panas Di Permukaan Venus


Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Venus, planet kembar jahat Bumi, mungkin masih memiliki gunung berapi aktif di permukaannya.

Wahan Venus Express milik Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menemukan bukti bahwa permukaan planet ini mungkin masih di aliri lava. Para ilmuwan telah mengetahui bahwa Venus dibentuk oleh aktivitas gunung berapi di beberapa titik dalam sejarah planet selama beberapa waktu, tapi sekarang para peneliti menggunakan data yang dikumpulkan saat awal misi Venus Express yang menunjukkan lava yang mungkin masih bergerak di sekitar permukaannya.  

Ini bisa berarti bahwa Venus masih memiliki gunung berapi aktif seperti yang ditemukan di Bumi.

"Sepertinya kita akhirnya dapat memasukkan Venus dalam klub kecil objek vulkanik aktif di tata surya," kata HÃ¥kan Svedhem, ilmuwan proyek Venus Express, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Tetangga terdekat kita masih aktif dan permukaannya masih berubah sampai hari ini."


Citra zona keretakan Ganiki Chasma di Atla Regio di Venus yang dicitrakan berulang kali untuk mencari perubahan. Gambar ini menunjukkan perubahan kecerahan pada sejumlah gambar yang diperoleh pada tanggal yang berbeda. Warna merah dan jingga menunjukkan peningkatan panas sementara biru-ungu menunjukkan pendinginan

Venus Express memetakan permukaan Venus dari orbit dengan mengintip melalui atmosfer padat dan mendung. VE (Venus Express) mengamati beberapa bagian permukaan Venus yang semakin panas dan mendingin di daerah yang dikenal sebagai "zona keretakan" - bagian permukaan yang retak kadang-kadang dikaitkan dengan magma yang mendorong kerak planet, kata ESA.

Keempat "titik panas ini" terletak pada zona keretakan tektonik, tapi ini pertama kalinya kami telah mendeteksi bahwa mereka panas dan mengubah suhu dari hari ke hari, " kata Eugene Shalygin, rekan penulis studi Venus ini dalam jurnal Geophysical Research Letters.

"Ini adalah bukti yang paling menggiurkan untuk vulkanisme aktif," tambah Shalygin.

Salah satu titik panas - yang dikenal sebagai Object A - berukuran sekitar 1 kilometer persegi, namun memiliki suhu 830 derajat Celsius atau sekitar 1.526 derajat Fahrenheit. Itu jauh lebih tinggi dari suhu rata-rata Venus yang bersuhu 480 celcius atau 896 derajat Fahrenheit, kata ESA.

Pada tahun 2010, para ilmuwan mendapat sedikit aktivitas gunung berapi Venus 'ketika mereka menemukan apa yang tampaknya menjadi aliran yang relatif baru dari lava yang berusia kurang dari 2,5 juta tahun - cukup muda pada skala waktu geologi.

Para peneliti juga menemukan bahwa atmosfer Venus 'mengandung sulfur dioksida dalam jumlah tinggi pada tahun 2006-2007, tetapi tingkat tersebut menurun selama lima tahun.

Ini bisa menjadi indikasi bahwa aktivitas gunung berapi bertanggung jawab untuk meningkatkan gas di atmosfer atas planet, tetapi bisa juga disebabkan oleh pola angin, kata ESA.

Pengukuran Venus Express yang baru merupakan bukti terbaik yang pernah di buat dari vulkanik aktif Venus, menurut ESA. Venus Express mempelajari planet ini selama delapan tahun sebelum misinya berakhir pada tahun 2014.

Posting Komentar

0 Komentar