Definition List

header ads

Titik Biru Yang Terlihat Dalam Foto Mars Ini Tampak Seperti Air



Foto baru yang ditangkap oleh pengorbit Mars Express milik Badan Antariksa Eropa  memiliki patch biru cerah, hal tersebut tampak seolah-olah mereka berpotensi menjadi genangan air yang terletak di antara kawah di Planet Merah.

Sayangnya, mereka bukanlah danau Mars yang entah bagaimana lolos dari pengamatan sampai saat ini. Sebaliknya, patch biru tersebut diciptakan oleh teknik yang digunakan untuk mengolah gambar. Mereka sebenarnya sedimen gelap yang terkumpul dari waktu ke waktu dan diberi warna kebiru-biruan ketika mereka awalnya diambil oleh kamera Stereo Resolusi Tinggi November lalu.

Walaupun bukti memperlihatkan bahwa air memang ada di planet ini, tapi air tersebut datang dalam bentuk jejak di sana-sini - tidak ada danau besar yang digunakan untuk membuka sebuah resor di Planet Merah. Meski begitu, cerita sebenarnya di balik patch biru tersebut sangat menarik.

Bagaimana angin di Mars menyebabkan sedimen menumpuk

ESA menjelaskan, di Bumi, angin memainkan peran kunci dalam membentuk lingkungan, membentuk pahatan batu halus dan bukit-bukit pasir. Peristiwa serupa terjadi di Mars juga, dengan angin kencang yang melaju hingga 100 km / jam, menyebabkan pasir dan debu tersapu dan ditiup pada kecepatan tinggi di seluruh permukaan planet. Badai debu ini bisa berlangsung selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.

Selama badai ini, angin menyebabkan erosi dan penghalusan, secara bertahap menggerogoti permukaan planet ini dan membentuk lingkungan selama rentang waktu beberapa juta tahun. Bukti proses tersebut dapat dilihat pada gambar Mars Express, yang menggambarkan bagian dari kawasan yang penuh kawah yang dikenal sebagai wilayah Arabia Terra.

Setiap kawah yang ditampilkan dalam gambar tersebut memiliki ukuran dan usia yang bervariasi dan masing-masing disebabkan oleh dampak. Selain itu, semua dari mereka telah mengalami berbagai tingkat erosi.

Posting Komentar

0 Komentar