Definition List

header ads

Mengamati Supermoon Pada 14 November 2016

Sebuah Supermoon akan terlihat di cakrawala pada malam hari. Supermoon yang terlihat pada tanggal 14 November 2016 akan menjadi yang paling besar sejak 1948. (Kent Kobersteen, National Geographic Creative via nationalgeographic.com)


Pada bulan November 2016 ini kita di berikan kesempatan untuk melihat penampakan supermoon yang paling mengesankan selama hampir 7 dekade.Supermoon pada 14 November 2016 ini merupakan bulan purnama paling besar dan dekat dengan bumi sejak 1948, akan menjadi sebuah pemandangan yang benar-benar sayang untuk dilewatkan .

Istilah supermoon sebenarnya mendeskripsikan situasi bulan penuh, ketika bulan pada jarak yang paling mendekati Bumi pada orbit yang bukan lingkaran.  Pendekatan yang disebut perigee ini, menempatkan bulan di 221.802 mil (356.955 kilometer) jauhnya. 

supermoon terjadi ketika Bumi, Bulan dan Matahari berada dalam satu garis lurus di bidang Tata Surya dengan Bulan yang berjarak paling dekat dengan Bumi.

Waktu terbaik untuk menikmati supermoon 14 November 2016 adalah ketika Bulan baru saja terbit di atas cakrawala timur. Pada posisi ini, supermoon akan terlihat lebih besar dan lebih terang dibanding ketika ia berada lebih tinggi posisinya di langit.

Jadi persiapkanlah teropong kalian dan bersihkanlah dari debu untuk mengamati fenomena astronomi yang luar biasa ini. Selamat mengamati !