Definition List

header ads

Ilmuwan Temukan ExoPlanet Berbatu GJ 536 b Yang Berjarak 33 Tahun Cahaya Dan Berukuran 5 Kali Lebih Besar Dari Bumi

Ilustrasi Exoplanet GJ 536 b. Kredit : viralnews.ws

Sebuah planet 'Super Bumi' yang berukuran 5 kali lebih besar dari Bumi ditemukan mengorbit sebuah bintang katai merah terang berjarak 33 tahun cahaya jauh.

Planet 'Super-Earth' memiliki massa yang lebih besar dari planet kita, tetapi jauh di bawah massa planet Uranus dan Neptunus.

Penemuan baru ini dibuat oleh para peneliti di University of La Laguna dan telah dipublikasikan dalam Astronomy & Astrophysics journal.

Exoplanet GJ 536 b tidak mengorbit dalam zona layak huni bintang-nya, ia memiliki waktu orbit singkat (kurang dari sembilan hari) dan massa sekitar 5,4 kali dari massa Bumi.

"Exoplanet berbatu ini mengorbit bintang yang jauh lebih kecil dan lebih dingin dari matahari," kata salah satu rekan penulis Jonay Isaí González. "Tapi itu cukup dekat dan terang."

Planet ini mengorbit bintang kerdil merah yang memiliki siklus aktivitas magnetik yang mirip dengan matahari, meskipun dengan waktu yang lebih singkat, tiga tahun.

"Kami sedang mempersiapkan program pemantauan untuk transit exoplanet baru ini untuk menentukan radius dan kepadatannya," kata penulis utama studi tersebut Alejandro Suárez Mascareño.

Mascareño dan timnya melanjutkan penelitian mereka dengan harapan menemukan planet lain seperti GJ 536 b, ia mengatakan, "planet berbatu biasanya ditemukan dalam kelompok".

Sebagai bintang kerdil merah terdekat yang terlihat dari belahan Bumi utara dan selatan, kemungkinan peluang untuk mendeteksi planet bermassa rendah lainnya dalam zona habitasi sangat besar, menurut para peneliti.

"Kami cukup yakin bahwa kita dapat menemukan planet bermassa rendah lainnya di orbit yang lebih jauh dari bintangnya, dengan periode dari 100 hari sampai beberapa tahun," kata Mascareño.