Definition List

header ads

10 Fakta Tentang Planet Ke Sembilan

Ilustrasi planet ke sembilan yang memiliki ukuran 10x lebih besar dari bumi


Sejak tahun 1930, Pluto telah ditetapkan sebagai planet kesembilan di tata surya kita. Namun seiring berkembangnya teknologi, Pluto dihapus dari sistem tata surya karena dianggap tidak memiliki kriteria cukup sebagai planet.

Nah, di awal tahun 2016 ini sejumlah ilmuwan dari California Institute of Technology mempublikasikan penemuan planet baru sebagai pengganti Pluto. Planet tersebut kemudian diberi nama dengan “Planet Nine”.

Kira-kira seperti apakah planet tersebut? Berikut 10 fakta tentang planet ke sembilan

1. Pertama kali dikenal dengan sebutan “Fatty”

Ketika planet ini baru pertama kali ditemukan, dan belum diajukan nama “Nine”, Konstantin Batygin dan Michael E. Brown menyebut planet kesembilan tersebut dengan nama "Fatty".

Entah mengapa nama aneh itu bisa terpikirkan, mungkin karena ukuran planet ini memang besar.

2. Es raksasa

Planet Nine merupakan planet yang berukuran sangat besar. Para ilmuwan memperkirakan planet ini memiliki ukuran 5000 kali lebih besar dari Pluto. Mereka mengatakan bahwa planet Nine menyerupai es raksasa.

3. Butuh waktu sekitar 350 tahun untuk kesana

Planet Nine berjarak sangat jauh dari Bumi. Bahkan diperkirakan butuh waktu hampir 350 tahun untuk melakukan perjalanan kesana.

4. Butuh waktu 10.000-20.000 tahun untuk sekali memutari Matahari

Berbeda dari Bumi yang hanya membutuhkan waktu 365 hari untuk sekali mengorbit atau memutari Matahari. Planet Nine butuh waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya, yaitu 10.000 hingga 20.000 tahun untuk satu kali putaran.

5. Planet Nine memiliki ukuran 10 kali besar bumi.

6. Saat ini planet nine dapat dilihat secara jelas dengan mata manusia menggunakan teleskop Subaru Telescop di Mauna Kea dan teleskop kembar 10 M di W. M. Keck Observatory, Hawaii.

7. Manusia yang tinggal disana, umurnya akan singkat

Jika manusia hidup di planet Nine, diperkirakan umur manusia akan sangat singkat. Misalnya, jika manusia rata-rata hidup di bumi 65 tahun maka di planet nine hanya akan hidup sekitar 0,00325 tahun.

8. Teori konspirasi : dianggap sebagai planet Nibiru

Setiap kali ada sebuah penemuan baru yang berhubungan dengan sistem galaksi kita, selalu ada saja teori konspirasi yang muncul. Dan kali ini beberapa orang menganggap bahwa planet Nine sebagai planet Nibiru, yang merupakan planet kematian yang mengancam keselamatan bumi.

9. Jarak planet Nine dengan Matahari mencapai milyaran kilometer

Jika dilihat dari titik terdekat, jarak Planet Nine dengan Matahari mencapai 32 miliar kilometer. Sedangkan jika dilihat dari titik terjauh 160 miliar kilometer, jaraknya mencapai 200 hingga 1.200 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke Matahari.

10. Keberadaanya belum diyakini 100%

Sampai saat ini masih dibutuhkan petunjuk yang lebih jelas lagi mengenai planet ini, para ilmuwan dunia lainnya masih belum bisa meyakini 100 persen keberadaan planet nine.

Kemungkinan keberadaan planet nine masih dianggap sekitar 40-60 persen para ilmuwan. Sementara, ilmuwan Konstantin Batigyn dan Mike Brown 90 persen meyakini keberadaan planet nine tersebut.

1