Definition List

header ads

Untuk Berburu Alien Di Sistem Bintang Proxima Centauri,Teleskop Radio Parker Australia Bergabung Dengan Breakthrough Listen

Teleskop Radio Parker,Australia. Kredit : novosti.rs


Breakthrough Listen, program penelitian terbesar yang ditujukan untuk menemukan bukti peradaban maju di luar Bumi, hari ini mengumumkan bergabungnya teleskop Radio Parkes Australia.

Teleskop radio Parkes, disk parabola berdiameter 64 meter yang dioperasikan oleh Australia’s Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), baru-baru ini bergabung dengan dua teleskop AS, Teleskop Green Bank di West Virginia dan Automated Planet Finder di Lick Observatory di California. Mereka akan melakukan survei langsung untuk menentukan apakah peradaban ada di tempat lain dan telah mengembangkan teknologi yang sama seperti kita.

Posisi Parkes sangat sempurna untuk mengamati bagian langit yang tidak bisa dilihat dari belahan bumi utara, termasuk pusat Bima Sakti, petak besar bidang Galaksi kita, dan banyak galaksi lain di alam semesta terdekat.

"Penambahan Parkes merupakan tonggak penting," kata pengusaha internet Yuri Milner, pendiri Breakthrough Initiatives, yang meliputi Breakthrough Listen.

"Instrumen utama ini seperti telinga planet Bumi, dan sekarang mereka mendengarkan tanda-tanda peradaban lain."

"Breakthrough Listen akan melakukan lebih dari sekedar berburu ET," tambah koordinator ilmu pengetahuan Prof. Matthew Bailes di Pusat Astrofisika dan Supercomputing di Swinburne University of Technology.

"Sistem deteksi pada Parkes akan secara bersamaan mencari fenomena alami seperti pulsar dan semburan radio cepat."

Minggu ini, teleskop Parkes dijadwalkan akan mengamati planet yang memiliki massa mirip Bumi yang beru-baru ini ditemukan mengorbit bintang terdekat dengan tata surya kita, Proxima Centauri.

Dinamakan Proxima b, planet ini mengorbit pada zona layak huni, memungkinkan untuk memiliki air cair di permukaannya. Berpotensi dihuni, dunia terestrial seperti ini adalah target utama bagi Breakthrough Listen.

"Kemungkinan planet ini memiliki bentuk kehidupan cerdas tertentu sangat kecil," kata direktur BSRC Dr. Andrew Siemion.

"Tapi setelah kami tahu ada sebuah planet di dekat kita , kita harus mengajukan pertanyaan, dan itu adalah pengamatan pertama yang pas untuk Parkes."

Sebagai planet ekstrasurya terdekat yang diketahui, Proxima b juga merupakan target utama untuk adik Breakthrough Listen, Breakthrough Starshot, yang sedang mengembangkan teknologi untuk mengirim pesawat ruang angkasa berskala gram ke bintang terdekat.