Definition List

header ads

Konjungsi 5 Planet Tata Surya Akan Terlihat Di Langit Sepanjang Bulan November 2016



Sejak awal November, planet Merkurius akan terbit setelah Matahari terbit. Dan terbenam sesaat setelah Matahari kembali ke peraduannya. Pengamat bisa menemukan Merkurius kala senja di rasi Libra. Di awal November, Merkurius agak sulit untuk bisa diamati karena waktu terbit terbenam hampir beriringan dengan Matahari. Akibatnya saat Matahari terbenam, Merkurius sudah di ufuk barat dan sulit diamati di balik pendar cahaya senja.

Seiring bergantinya hari Merkurius akan semakin tinggi di langit senja dan bisa diamati setelah Matahari terbenam. Di penghujung bulan November, planet Merkurius sudah berada di rasi Sagittarius bersama Venus, si bintang kejora.

Planet Venus dan Saturnus akan tampak setelah Matahari terbenam di rasi Ophiuchus. Di awal November, Venus dan Saturnus akan terbit beriringan dan terpisah beberapa menit saat terbenam. Seiring perjalanan waktu, Venus akan semakin tinggi di langit sementara Saturnus akan semakin rendah. Bahkan di akhir bulan Saturnus akan terbenam 30 menit setelah Matahari terbenam sementara Venus masih berjaya di angkasa.

Di sepanjang bulan November, akan ada bebrapa peristiwa konjungsi yang dimulai dengan pasangan Bulan – Saturnus pada tanggal 3 November, dan disusul pasangan Merkurius – Saturnus pada tanggal 24 November.

Mars. Planet merah yang jadi incaran misi yang mencari kehidupan lain, akan tampak sepanjang bulan November setelah Matahari terbenam sampai kisaran pukul 23.00 WITA saat planet merah itu terbenam di ufuk barat.

Jupiter. Planet terbesar di Tata Surya ini akan tampak sepanjang bulan November di rasi Virgo sebelum Matahari terbit. Pada tanggal 25 November, Jupiter dan Bulan akan tampak berpasangan di langit malam dan hanya terpisah 2,1º.

Uranus & Neptunus. Planet Uranus dan Neptunus juga dapat dinikmati sepanjang bulan November setelah Matahari terbenam. Uranus akan tampak di rasi Pisces dan Neptunus di rasi Aquarius. Tapi, untuk bisa menikmati kedua planet es raksasa ini harus menggunakan alat bantu berupa teleskop ataupun binokuler