Definition List

header ads

Jejak Aliran Sungai Kuno Di Permukaan Planet Mars



Ada beberapa pengingat kuat Mars kuno menjadi dunia yang basah, sungai kering terukir di permukaan planet merah. Meskipun contoh khusus ini telah lapuk oleh angin lemah Mars selama ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun, salurannya indah terawetkan ini punya cerita kepada kita.

Terletak di Acidalia Planitia, wilayah yang didominasi oleh dataran utara khatulistiwa Mars, sungai ini rupanya mengalir dari kanan ke kiri, menuruni lereng dari bibir kawah menuju ke kawah itu sendiri. Gambar ini diambil oleh kamera produktif High-Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) yang dibawah oleh NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) pada 25 September 2015.

Tidak diketahui berapa lama air mengalir di sungai kuno ini.

Masih belum diketahui  bagaimana sungai seperti ini bersumber - apakah dengan akuifer bawah permukaan, air lelehan atau bahkan hujan - tetapi melalui studi dari orbit kita dapat melengkapi studi yang dilakukan oleh misi permukaan (seperti NASA Mars rovers Curiosity dan Opportunity) untuk membantu kita mengumpulkan teka-teki masa lalu Mars yang 'basah.

Posting Komentar

0 Komentar