Definition List

header ads

Penampakan Fitur Berbentuk X Di Permukaan Planet Pluto

Fitur X yang terlihat di wilayah Sputnik Planum. Fitur X ini mungkin menandai tempat di mana empat sel konveksi pernah bertemu, kata ilmuwan misi. Sementara itu, bagian gelap di kiri atas X, mungkin potongan es air kotor yang mengambang di atas lautan es nitrogen. Tapi jika diperhatikan mirip kendaraan salju ya


Ada struktur berbentuk "X" besar ditemukan di permukaan Pluto. Fitur berbentuk X ini (yang muncul di wilayah es nitrogen halus Pluto yang dikenal sebagai Sputnik Planum), terlihat dalam foto baru yang dikirim oleh New Horizons.

Permukaan Sputnik Planum terdiri dari banyak blok es poligonal yang memiliki lebar antara 10 mil (16 kilometer) dan 25 mil (40 km). Blok tersebut mungkin terbentuk oleh proses konveksi termal pada Pluto, ilmuwan New Horizons mengatakan "nitrogen padat yang berada jauh di bawah permukaan dipanaskan oleh panas interior misterius Pluto, muncul ke permukaan sebagai gumpalan besar, dan kemudian mendingin dan tenggelam lagi.

Fitur X ini mungkin menandai tempat di mana empat sel konveksi pernah bertemu, kata ilmuwan misi. Sementara itu, bagian gelap di kiri atas X, mungkin potongan es air kotor yang mengambang di atas lautan es nitrogen.

Foto yang memperlihatkan fitur berbentuk X merupakan salah satu dari serangkaian tembakan resolusi tinggi New Horizons yang memotret Sputnik Planum dengan kamera teleskopik dari jarak 10.000 mil (16.000 km) pada 14 Juli, sekitar 15 menit sebelum pendekatan terdekatnya (yang melintas hanya 7.800 mil, atau 12.550 km, dari permukaan planet kerdil itu).

New Horizons mengirim foto ini ke Bumi pada 24 Desember, dan NASA merilisnya pada Kamis (7 Januari).

Posting Komentar

0 Komentar